Purwakarta Siap Siaga Bencana, Bupati Anne Ratna Mustika: Waspadai Dampak La Nina!

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten Purwakarta bersama TNI, Polri, dan unsur terkait menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologis di taman Pasanggrahan Padjajaran, Kompleks Kantor Pemkab Purwakarta, Selasa 16 November 2021.

Apel digelar pada pukul 14.00 WIB itu dipimpin langsung Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. Turut hadir Kapolres Purwakarta AKBP Suhardi Hery Haryanto, Kasdim 0619/Purwakarta Mayor Inf Dedi Krisdiantoro, para Camat Se-Kabupaten Purwakarta dan unsur OPD di Kabupaten Purwakarta.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyebut, tujuan utama kegiatan apel yaitu melakukan pengecekan apakah sarana prasarana baik sumber daya manusia (SDM) dan peralatan sudah siap atau belum ketika dibutuhkan untuk menangani bencana.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Ustaz Farid Okbah, Anwar Abbas Tercengang: Kok Dia Ditangkap?

Tidak hanya memastikan peralatan dan SDM saja, lanjut Anne Ratna Mustika, Pemkab Purwakarta dan unsur terkait lainnya juga sudah melakukan pemetaan daerah-daerah rawan bencana seperti banjir, longsor, puting beliung, dan bencana lainnya. 

Baca Juga:  Tingkatkan Ketahanan Pangan, TP PKK Jabar Gelar Kegiatan Lomba Masak dan Budikdamber

“Alhamdulillah tadi saya sempatkan untuk mengecek peralatan sekaligus SDM-nya dan semuanya siap. Harapannya manakala terjadi bencana kami sudah siap, peralatan, relawan, petugas semuanya siap sesuai dengan bagian masing-masing,” ucap Anne Ratna Mustika.

Dalam penanganan bencana, Anne Ratna Mustika menyebut tidak hanya pemerintah saja, tapi juga membutuhkan peran serta kerja sama unsur lain seperti dunia usaha, akademisi, masyarakat, komunitas, termasuk wartawan.

Baca Juga: Viral! Aksi Duel Pria Bergergaji dengan Pria Bergolok di Tengah Jalan di Tasikmalaya

Nantinya, kata Anne Ratna Mustika, kelima komponen inilah akan bersinergi dalam menghadapi kemungkinan terjadi bencana maupun saat terjadi bencana sesuai peran masing-masing.

Baca Juga:  Pengusaha Lokal KBB Sebut Proyek Pemda Habis Digulung Pokir Dewan

“Harapan kami melalui apel kesiapsiagaan ini, semuanya semangat, menyamakan visi dan persepsi dalam rangka menghadapi kemungkinan terjadinya bencana, baik bencana alam maupun non alam di Kabupaten Purwakarta. Tapi insyaallah kami sudah siap,” tutur Anne Ratna Mustika.

Tak lupa, Anne Ratna Mustika mengimbau masyarakat untuk mulai waspada karena di beberapa wilayah sudah terjadi bencana alam seperti angin puting beliung dan tanah longsor.

Baca Juga: Niat Cari ikan, Seorang Bocah berusia 11 Tahun Tewas Tenggelam di Danau Cirata

Ia pun berpesan untuk segera aktifkan posko, perkuat jalinan komunikasi terutama di wilayah kecamatan, lakukan pembersihan lingkungan seperti saluran air, drainase, dan sungai, termasuk perambasan pohon yang berpotensi tumbang.

Baca Juga:  Perjalanan Dinas PNS Diperketat. Ini Rinciannya

“Setelah apel ini semuanya bisa bergerak, membantu warga dengan berkeliling memonitor kondisi lapangan,” jelas Anne Ratna Mustika.

Libatkan peran elemen pemerintahan desa dan komunitas warga setempat untuk ikut mendata potensi bencana seperti jalan yang amblas, rekahan tanah, talud yang retak atau berpotensi longsor. 

Baca Juga: Kondisi Terkini Ari Lasso Usai Kemoterapi: Saya Sudah Gundul

Jika menemukan kondisi tersebut, lanjut dia, bisa langsung difoto, diaktifkan fitur lokasinya, dan langsung dibuat laporannya ke DPKPB Kabupaten Purwakarta. 

“Saya imbau masyarakat harus waspada, terutama di musim saat ini yaitu fenomena La Nina yang kemungkinan dampaknya lebih besar. Semoga saja tak ada bencana besar yang melanda Kabupaten Purwakarta,” harap Anne Ratna Mustika. (Gin)***