Ridwan Kamil Datangi Sungai Cilamaya Karawang, Kondisinya Tercemar

JABARNEWS | KARAWANG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan kunjungan ke Kabupaten Karawang untuk melakukan pemantauan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cilamaya, Kabupaten Karawang, Rabu (4/11/2020).

Dalam kunjungan tersebut, Ridwan Kamil bersama dengan tiga Forkopimda, yakni; Karawang, Purwakarta dan Subang menelusuri sungai yang melintasi tiga kabupaten tersebut.

“Kami tadi Forkopimda Jabar dan Forkopimda tiga Kabupaten, Purwakarta, Subang, Karawang melakukan susur sungai untuk melihat dan mengembalikan sungai Cilamaya menjadi sungai bersih,” kata Ridwan Kamil.

Baca Juga:  KSPSI Purwakarta Respons Positif Keputusan Ridwan Kamil Soal UMK di Jabar

Sungai yang memiliki panjang sekitar 97 kimometer ini, sekarang sedang membutuhkan perhatian dalam hal kebersihannya.

Ridwan Kamil menjelaskan, kondisi air sungai telah tercemar terlebih saat memasuki musim kemarau, hingga mengakibatkan sungai berwarna hitam.

Ia juga berencana untuk melakukan upaya bersama dengan tiga kabupaten tersebut, membentuk tim yang terdiri dari aparat TNI AD yang akan melakukan pengawasan di sekitaran sungai Cilamaya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Lakukan Uji Klinis Vaksin Covid-19 pada 25 Agustus

“Untuk itu hari ini kita canangkan tim PPK Pencegahan, dan tim pemantau yang nanti akan melakukan observasi. Kita harapkan ini bukan hanya sekedar seremoni tapi juga aksi nyata,” katanya.

Pihaknya juga akan melakukan beberapa hal diantaranya; melakukan perbaikan lahan yang saat ini sedang kritis dengan ditamani pohon, limbah industri, limbah domestik, sampah wilayah, penegakan hukum serta memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar untuk turut serta menjaga kelestarian sungai Cilamaya.

Baca Juga:  Soal Opsi Lockdown, Ridwan Kamil: Bukan Menakuti Masyarakat

“Mudah-mudahan satu tahun kedepan kita akan reuni bersama melihat perkembangannya seperti apa. Karena sungai Citarum alhamdulillah membuahkan kualitas air yang lebih baik, dan bukan masuk kategori tercemar berat,” katanya.

“Begitupun dengan sungai Cilamaya, kedepannya, kita ingin sungai ini kembali bersih dan airnya sudah layak konsumsi,” pungkas Ridwan Kamil. (Red)