Seribu Puskesmas Siap Lakukan Vaksinasi Covid-19, Ridwan Kamil: Distribusi Sedang Berjalan

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memastikan, sekitar 1.000 lebih Puskesmas di Jabar siap menggelar vaksinasi Covid-19.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, selain puskesmas, ada sekitar 90 rumah sakit (RS) pemerintah maupun swasta di Jabar yang juga telah siap melakukan vaksinasi.

“Jabar sudah ada 1.000 lebih puskesmas yang sudah siap dan dilatih, 90an RS daerah dan swasta yang sudah siap dilatih,” kata Emil, sapaan akrabnya di Bandung, Selasa (5/1/2021).

Baca Juga:  Duh.. Ribuan Buruh Kepung Gedung Sate

Dia menjelaskan bahwa vaksin tersebut hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan dan profesi lainnya. Mengingat vaksin yang diimpor oleh pemerintah pusat jumlahnya terbatas.

“Yang (diimpor) ini terbatas, mayoritas hanya untuk tenaga medis dan profesi terdepan dalam menghadapi Covid-19,” jelasnya.

Emil mengungkapkan, vaksin di Indonesia terbagi dua yaitu yang diimpor oleh pemerintah dan yang diproduksi oleh PT Biofarma. Dia juga menyampaikan bahwa dirinya akan menjadi bagian relawan uji klinis vaksin tersebut.

Baca Juga:  Patuhi, Semua Daerah Di Jawa Barat Berlakukan PSBB

“Vaksin terbagi dua, yang dibeli langsung diimpor dan yang di Biofarma, saya jadi relawan. Itu masih Maret produksi dan keputusannya,” ungkapnya.

Kendati demikian, Emil belum mengetahui secara pasti kapan jadwal vaksinasi tersebut. Namun, dia memprediksi target vaksinasi dimulai pada pekan ketiga Januari 2021 yang dimulai dengan vaksinasi Presiden Joko Widodo.

Baca Juga:  Penanganan Covid-19 di Depok, Ridwan Kamil Minta Bantuan TNI Polri

“Per hari ini, distribusi sedang berjalan. Belum ada laporan sudah selesai atau belum. Tapi, target kalau tidak salah, minggu ketiga bulan Januari, itu penyuntikan pertama oleh Presiden,” ucapnya.

“Dari tanggal 4 sampai tanggal 20 an itu masih ada dua minggu lebih menyiapkan prosedur dan lain-lain,” tutupnya.

Penulis: Rian Nugraha