Apa Itu Diet Mediterania? Diklaim Bisa Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

JABARNEWS | BANDUNG – Diet Mediterania merupakan diet tradisional masyarakat Eropa yang berada di wilayah Mediterania. Pada tahun 1960, angka harapan hidup pada wilayah tersebut merupakan yang tertinggi di dunia. Karakteristik diet ini adalah tinggi

minyak zaitun, buah, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan sereal juga cukup ikan dan daging unggas.

Diet ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk turunkan kolesterol karena pilihan makanan yang menekankan protein nabati, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayur dan buah, hingga ikan-ikan.

Baca Juga:  Kapal Viking Bakal Jadi Monumen Ilegal Fishing di Pangandaran

Makanan-makanan tersebut mengandung serat alami yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol yang buruk. Oleh sebab itu dilansir dari beberapa sumber berikut beberapa manfaat diet Mediterania bagi tubuh:

1. Mencegah Penyakit Alzheimer – Salah satu manfaat dari diet mediterania yang dapat dirasakan selain turunkan kolesterol adalah mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Dengan menerapkan pola makan sehat ini, risiko buruk pada kemampuan otak dapat dikurangi.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Asmara 17 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Aries dan Taurus

2. Mencegah Diabetes Tipe 2 – Kamu juga dapat mencegah terjadinya diabetes tipe 2 dengan menerapkan diet mediterania. Pilihan makanan saat menjalankan diet ini sangat menyehatkan tubuh, karena mengandung serat dan kandungan gula yang rendah.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung – Jika Anda sedang mencari pola makan yang baik untuk kesehatan jantung, diet Mediterania adalah pilihan tepat. Orang yang rutin mengikuti diet Mediterania terbukti memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit jantung.

Baca Juga:  Hati-Hati! Penyebar Konten Vulgar Didenda Hingga Rp.500 Juta

4. Menurunkan berat badan – Diet Mediterania yang menekankan asupan kaya protein, serat, dan lemak sehat terbukti bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal.

5. Mengurangi risiko terkena stroke – Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang melakukan diet Mediterania lebih kecil kemungkinannya untuk terkena stroke. Efek ini diduga karena diet Mediterania dapat menurunkan kadar kolesterol dan menambah asupan antioksidan.

Penulis : Muhammad Amaludin