Teras Baca, Membangun Generasi Literat di Desa Kiarapedes Purwakarta

Ade Setia Lesmana, pegiat literasi dari Teras Baca saat melakukan kegiatan belajar di Desa Kiarapedes, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. (Foto: Teras Baca)
Ade Setia Lesmana, pegiat literasi dari Teras Baca saat melakukan kegiatan belajar di Desa Kiarapedes, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. (Foto: Teras Baca)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Di antara hamparan sawah dan hijaunya perbukitan ujung wilayah Kabupaten Purwakarta, di desa bernama Desa Kiarapedes, tinggallah seorang pemuda bernama Ade Setia Lesmana. Dengan kepedulian tinggi pada pembangunan desanya, Ade seringkali merasa resah melihat anak-anak di Desa Kiarapedes yang lebih asyik dengan gadget mereka daripada buku.

Keinginan untuk membangkitkan budaya literasi dan gemar membaca di desanya mulai tumbuh, dengan keyakinan bahwa literasi adalah kunci kemajuan Sumber Daya Manusia dan pembangunan desa.

Baca Juga:  Pilkades di Purwakarta Berlangsung Aman, Edwar Zulkarnain Sampaikan Ini

Pria berumur 29 tahun ini pun tidak ingin tinggal diam, ia lantas mengajak teman-teman dekatnya untuk membuat sebuah komunitas literasi bernama Teras Baca.

“Kami memulai gerakan literasi di Desa Kiarapedes sejak tahun 2020, dan mendapatkan SK dari desa pada tahun 2021,” ujar Ade kemarin, Senin (13/5/2024).

Teras Baca bukan sekedar komunitas biasa, melainkan ruang terbuka yang ramah dan nyaman bagi siapa saja untuk membaca, belajar, dan berdiskusi.

Bersama teman-temannya, Ade mendekorasi ruang tamu dan teras rumahnya dengan rak buku sederhana, beberapa tikar, dan pot-pot tanaman. Suasana asri dan kekeluargaan tercipta di Teras Baca, mengundang minat para penduduk desa untuk berkunjung.

Baca Juga:  Vaksinasi Anak di Kabupaten Purwakarta Sudah Dimulai, Ini Targetnya

Ade mengaku pada awalnya hanya memiliki beberapa buku yang ia kumpulkan dari teman-teman dan keluarga.

“Awalnya buku-buku itu didapatkan dari teman-teman dan keluarga, namun sekarang makin banyak orang yang tergerak untuk menyumbangkan buku dan bergabung dengan komunitas Teras Baca,” katanya.

Kegiatan Teras Baca tak hanya sebatas membaca buku. Berbagai kegiatan menarik diadakan untuk menarik minat warga Desa Kiarapedes, seperti kelas menulis, kelas tari, kelas bahasa inggris, kelas bahasa sunda, kelas public speaking, diskusi buku, pemutaran film edukasi, pelatihan dasar komputer, serta kegiatan-kegiatan lain yang dapat meningkatkan kemampuan SDM masyarakat.

Baca Juga:  Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Sungai Cimanuk Garut, Polisi Beberkan Hal Ini

Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun turut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Teras Baca menjadi wadah bagi mereka untuk saling belajar, berbagi ilmu, dan mempererat hubungan antar warga Desa Kiarapedes.