Mengenal Manuskrip Kuno Al Quran Mini Stambul Turki di Museum Gusjigang Kudus

Al Quran Mini Stambul Turki
Al Quran Mini Stambul Turki di Museum Gusjigang Kudus. (Foto: DetikJateng).

Penulis: Siti Fathonah (Mahasiswa IAIN Kudus)

SALAH satu museum yang terletak di Kudus, Museum Gusjigang ternyata menyimpan koleksi al-Qur’an kuno berusia tiga abad. Tidak hanya itu saja, dalam museum ini juga terdapat satu al-Qur’an berukuran besar yang dikelilingi oleh tujuh al-Qur’an kuno lainnya. Ketujuh al-Qur’an itu adalah al-Qur’an kuno daun lontar, al-Qur’an bahan kulit sapi, al-Qur’an mini stambul Turki, al-Qur’an sampul pintu Ka’bah, al-Qur’an bahan kertas kuno, al-Qur’an kuno dari surau, dan al-Qur’an kuno dari pesantren. Terletak di Jalan Sunan Muria No.33, Kudus, Museum Gusjigang telah menjadi etalase Kudus tempo dulu dan juga beragam galeri Al-Quran.

Baca Juga:  Taman Musik sebagai Ruang Publik di Kota Bandung

Mushaf ialah salinan fisik Al-Qur’an yang dibuat dengan tulisan tangan atau dicetak. Museum gusjigang mempunyai banyak koleksi mushaf, ada bermacam-macam mushaf, ada yang paling besar sampai yang paling kecil, ada yang terbuat dari daun lontar sampai kulit hewan. “Di galeri tersebut ada berbagai al-Qur’an baik dari jenisnya, bahannya, atau ukurannya. Di sana ada al-Qur’an terkecil dan terbesar, kemudian dari bahan asalnya dari kulit sapi dan dari daun lontar,” ujar Manager Marketing Mubarok.

Baca Juga:  PGSD Bumi Siliwangi UPI Latih Guru SD Memahami Profil Perkembangan Anak sebagai Dasar Pembelajaran Berdiferensiasi

Diantaranya yang paling kelihatan unik, antik, paling kecil, dan paling banyak koleksinya adalah Mushaf Mini Stambul 30 juz. Sesuai namanya Mushaf ini dibuat di Istanbul, Turki dalam kurun waktu abad 18-20-an. Dibutuhkan kaca pembesar jika ingin membacanya karena saking kecilnya tulisan tersebut.

Koleksi mushaf mini stambul tersebut didapat dari kolektor di Jombang, Jawa Timur. Mushaf ini ditempatkan di dekat Mushaf Akbar yang masih dalam proses pembuatannya. Sesuai namanya, Mushaf ini dibuat di Istanbul, Turki.

Baca Juga:  Berkuasa Sejak 2003, Presiden Turki Erdogan Berambisi Lanjut di Pilpres 2023

Mushaf Stambul hampir bisa dipastikan adalah cetakan, bukan tulisan tangan, semua bahannya terbuat dari kertas kuno yang dirangkai seperti tasbih. Covernya terbuat dari bahan kulit, sesuai dengan zaman tersebut. Warna tulisannya bermacam-macam ada yang berwarna kuning keemasan, merah, dan hitam. Dimensi Al-Qur’an 30 juz ini memiliki panjang 25 cm, lebar 2 cm, dan 2 cm.