Dari dan Untuk Mahasiswa, Kementerian EPKM Peringati Hari Kesehatan Mental Dunia Melalui Rangkaian Acara World Mental Health Month

Acara World Mental Health Month ITB=
Acara World Mental Health Month ITB. (foto: istimewa)

JABARNEWS – Siapa yang tidak mengenal kata passion? Setiap manusia pasti memiliki passion dalam hidupnya. Sayangnya, passion bukanlah suatu hal yang mudah ditemukan atau bisa saja sudah ditemukan, tetapi tidak disadari. Passion yang mudah menjadi bias menjadi salah satu alasan kesulitan tersebut.

Kesulitan dalam pencarian passion seringkali membuat para siswa merasa kebingungan menentukan jurusan perkuliahan atau membuat beberapa mahasiswa merasa salah jurusan. Hal tersebut sangat mungkin menimbulkan perasaan stres, tidak bahagia, atau tidak nyaman selama menempuh pendidikan yang dapat berujung pada masalah kesehatan mental.

Baca Juga:  Jarang Diketahui! Ternyata Ini Manfaat Curhat, Salah Satunya Mengurangi Resiko Stres

Menyadari permasalahan tersebut, Kementerian Edukasi dan Pendampingan Kesehatan Mental (EPKM) Kabinet Keluarga Mahasiswa (KM) ITB menjadikan “Finding Our Passion” sebagai tema acara World Mental Health Month (WMHM) tahun ini.

Baca Juga:  Rekrutmen Penyelenggara Ad Hoc, Perspektif  “Ekspektasi  Masyarakat” Terhadap Pemilu 2024

World Mental Health Month merupakan serangkaian acara yang diselenggarakan Kementerian EPKM untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia yang jatuh pada 10 Oktober lalu. Kegiatan ini  terdiri dari empat rangkaian acara, yaitu Mini Series “ALIVE”, Wawancara Dosen “PROVE”, Talkshow “CARE” X DITMAWA ITB, dan Wall of Confession.

Mini Series “ALIVE” merupakan serial pendek berjumlah tiga episode yang berkolaborasi bersama Ruang Film Bandung dalam proses pembuatannya. Mini Series “ALIVE” berkisah mengenai proses adaptasi mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) ITB di dunia universitas serta mahasiswa tingkat kedua yang baru memasuki jurusan. Mengangkat tema Finding Your Passion, Kementerian EPKM KM ITB ingin meningkatkan kesadaran para penonton akan isu kesehatan mental dan proses pengembangan diri mahasiswa.

Baca Juga:  Jarang Diketahui! Ini Dia Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental