Rusia Menyerang Ukraina, Ujian Polugri Indonesia

Guru Besar Ilmu Politik Universitas Nasional Prof. Yuddy Chrisnandi. (Foto: Istimewa).

Indonesia dan masyarakat internasional, tentunya sangat menyayangkan tindakan Russia menyerang Ukraina yang damai. Apapun alasannya , perang harus dihentikan. Dunia yang damai adalah tujuan berhimpunnya Negara-negara dalam organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa. Perang pasti selalu membawa derita bagi semua pihak. Dunia tidak menghendaki lagi terjadinya peperangan dengan alasan apapun. Banyak cara yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan setiap sengketa melalui jalan diplomasi yang damai.

Serangan yang baru dua hari berlangsung sudah menimbulkan dampak ekonomi dunia, harga minyak dan gas bumi sebagai sumber energi melejit. Transportasi Udara dan laut di kawasan tersebut terhenti. Hubungan Diplomatik antar negara terganggu. Sanksi yang dijatuhkan AS terhadap Russia berdampak luas. Jika berlarut, Dunia merasakan dampaknya dalam waktu dekat.

Baca Juga:  WhatsApp Story, Sebagai Media Social Sharing Bagi Ibu Rumah Tangga

Kini masyarakat ukraina pada umumnya dan WNI kita yang tinggal disana dalam keadaan hawatir akan keadaan yang lebih buruk di hari mendatang. Antrian pengisian BBM sudah memanjang, supermarket sudah mulai diserbu pembeli bahan kebutuhan pokok, gerai-gerai pengambilan mesin uang dipenuhi antrian. Amerika Serikat sudah memulangkan semua warganya dari wilayah Ukraina, diikuti negaranegara lain. KBRI di Kyiv mulai mengevakuasi seratusan WNI ke gedung KBRI yang relatif lebih aman sebagai tempat perlindungan.

Baca Juga:  Ada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Ajang Grammy Awards 2022, Tujuannya Apa, Ya?

Beberapa kota besar di Ukraina, seperti Odessa, Kharkiv, Chernihiv, Kyiv Oblast dan lainya sudah dihujani tembakan misile Russia . Ratusan ribu penduduk Ukraina mulai bergerak ke perbatasan polandia untuk mencari tempat yang aman, sebagian lainnya berlindung di stasiun-stasiun kereta api bawah tanah jika mendengar sirine peringatan.

Baca Juga:  Demi Misi Perdamaian Dunia, Presiden Jokowi Sambangi Ukraina dan Rusia di Tengah Perang Memanas

Presiden Ukraina, Zelensky sudah menyerukan rakyatnya untuk maju membela mempertahankan Negaranya. Serangan Russia terhadap Ukraina, sesungguhnya adalah serangan untuk Russia sendiri. Negaranegara dunia akan memberi sanksi yang berat kepada Russia atas keputusan Presidennya menyerang Ukraina tanpa landasan objektif.