Dear Bunda, Dua Hal Ini Penting dalam Perkembangan Kognitif Anak, Simak Disini!

Ilustrasi Perkembangan Kognitif Anak. (Foto: Pixabay).

JABARNEWS | BANDUNG – Kemampuan kognitif memegang peranan penting dalam keberhasilan masa depan anak. Orang tua harus bisa menyiapkan anaknya untuk dapat tumbuh menjadi anak yang siap berkompetisi dan percaya diri dalam menghadapi setiap tantangan.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Alergi Imunologi dr. Molly Dumakuri Oktarina, Sp.A(K) mengatakan bahwa perkembangan kognitif yang optimal pada anak sangat dipengaruhi oleh sistem imun yang sehat karena sistem imun berperan penting dalam perkembangan otak.

Baca Juga:  Masyarakat Diingatkan Tak Berlebihan Konsumsi Tempe, Ini Alasannya

Sistem imun, yang tidak teregulasi dengan baik akan menyebabkan gangguan perkembangan otak (kognitif dan perilaku) Anak dengan status gizi yang baik dan asupan nutrisi yang seimbang, memiliki mikrobiota saluran cerna yang lebih sehat.

Baca Juga:  Ditanya Soal Pilpres 2024, Jawaban Ridwan Kamil Bikin Geleng-geleng Kepala

“Hal ini tentunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak menjadi lebih kuat serta membantu tubuh menolak zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh, sehingga anak lebih aktif beraktivitas dan bisa menanggapi stimulasi dengan baik,” kata dr. Molly dalam Wabinar Danone Specialized Nutrition Indonesia bertajuk ‘Bicara Gizi’ dengan topik ‘Maksimalkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Daya Tahan Tubuh dan Stimulasi yang Tepat’ lewat zoom dipantau di Kota Bandung, Rabu (26/10/2022).

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 31 Desember 2021: Leo, Virgo dan Libra

Dia menjelaskan bahwa nutrisi yang baik akan meningkatkan kematangan dan kedewasaan sistem imun.