Wagub Jabar Kukuhkan 54 Anggota Paskibraka

JABAR NEWS | BANDUNG – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar), Deddy Mizwar mengukuhkan 54 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih tingkat Provinsi Jawa Barat.

54 anggota Paskibraka tersebut nantinya akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera pada hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus nanti.

Deddy mengatakan para peserta telah melewati tahapan panjang latihan. Baik mental maupun fisik sebagai wadah untuk membangun rasa kesatuan dan persatuan. Diantara para anggota Paskibraka yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat.

“Mereka digembleng dikarantina latihan disiplin baik mental maupun fisiknya. Dan juga yang penting adalah rasa kebersamaan selama latihan  juga untuk membangun rasa kesatuan dan persatuan diantara mereka untuk saling menyayangi,” ucap Deddy saat diwawancara, Gedung Sate Bandung, Senin (14/08/2017).

Baca Juga:  Emil Resmi Dukung Yossi

Deddy menuturkan latihan panjang dan sulit perlu dilakukan untuk membangun kebersamaan. Itu pun untuk membentuk rasa kebersamaan dan kecintaan didalam diri mereka. Sehingga diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta bela negara disetiap anggota Paskibraka.

Wakil Gubernur Jawa Barat ini berharap para Paskibraka ini dapat menjalankan tugas dengan baik mengingat Hari Proklamasi Kemerdekaan ini adalah hari yang sakral bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga:  Aher Sebut Pasar Modal Sebagai Alternatif Pembiayaan Infrastruktur Daerah

“Kita berharap mereka bisa menjalankan tugas dengan baik karena hari kemerdekaan adalah hari yang sakral hari yang penuh khidmat. Sehingga betul-betul bisa mereka hayati lebih jauh lagi bagaimana berkehidupan berbangsa dan bernegara sebegai generasi muda,” harap Deddy.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Jawa Barat Yudha M Saputra mengatakan, seleksi yang dilakukan untuk memilih pasukan pengibar bendera ini dilakukan sejak bulan Mei lalu. Diimulai dengan seleksi di kabupaten/kota terlebih dahulu yang kemudian hasil seleksi dikirim ke tingkat Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga:  Wagub Uu Serahkan Mobil Maskara untuk Desa Berprestasi di Cianjur

“Seleksi dilakukan 16-19 Mei dengan 108 orang calon dari 27 bab/kota kemudian terpilih 56 calon pasukan yang terdiri dari 26 putra, 28 putri dan 2 orang perwakilan Jabar ke nasional,” ujar Yudha.

Yudha mengatakan, ke 56 pasukan ini merupakan yang terbaik yang telah melewati proses seleksi yang sangat ketat karena pihaknya berkomitmen untuk memberikan persembahan terbaik bagi Indonesia.

“Saya dari awal bilang nggak mau yang ecek-ecek harus yang nomor satu,” ungkapnya. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat