5 Cara Jaga Fungsi Otak Di Masa Tua

6 Cara Mudah Kurangi Resiko Penurunan Fungsi Otak (Istimewa)

Setiap aktivitas yang merangsang mental akan membantu membangun aktivitas otak kamu. Salah satu contoh aktivitasnya seperti membaca, mengikuti kursus, mencoba senam mental, memecahkan teka-teki kata, atau mengerjakan soal matematika.

2. Lakukan Latihan Fisik
Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan otot atau melakukan aktivitas otot kamu akan membantu melatih otak dan pikiran kamu.

Olahraga juga memacu perkembangan sel saraf baru dan meningkatkan koneksi antar sel otak. Hal ini menghasilkan otak yang lebih efisien, mudah diatur, dan adaptif. Hal ini menyebabkan otak memiliki kinerja lebih baik pada hewan yang menua.

3. Perbaiki Pola Makan
Nutrisi yang baik dapat membantu pikiran dan tubuh kamu. Misalnya, orang yang melakukan diet miditerania, yaitu orang yang hanya mengonsumsi buah-buahan, sayuran, ikan dan sumber protein nabati, cenderung otaknya tidak mengalami gangguan kognitif.

4. Menjaga Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi di usia tua, meningkatkan risiko penurunan fungsi kognitif di usia tua. Jaga tekanan darah kamu jangan sampai mengalami darah tinggi atau darah rendah.