64 Media Ikuti Pelatihan Media Management Untuk Keberlanjutan Bisnis yang Digelar AMSI

Pelatihan Media Management Berkelanjutan. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | JAKARTA – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dengan dukungan Internews dan USAID MEDIA tengah menggelar pelatihan daring penguatan manajemen, bisnis, dan keberlanjutan media digital (Online Training on Media Management, Business Development and Sustainability). Ini adalah program ke tiga dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan media, khususnya media lokal dalam mengembangkan media digital, agar tumbuh menjadi media independen, tata kelola yang baik serta dapat memenuhi kebutuhan informasi publik yang berkualitas.

Direktur Eksekutif AMSI, Adi Prasetya, mengatakan, pelatihan manajemen media adalah bagian terpenting dari program pengembangan dan penyehatan ekosistem media yang digarap AMSI. Bedanya dengan dua pelatihan tahun-tahun sebelumnya, pelatihan batch ketiga ini semua media yang mendaftar diterima tanpa dibatasi jumlah peserta.
“Kita harapkan kegiatan ini dapat betul-betul memberikan pengembangan kemampuan teknis, konten/editorial, kemampuan pengelolaan manajemen dan bisnis, distribusi konten dan klaster IT. Ini semua bagian dari ikhtiar AMSI mewujudkan misii agar media anggotanya sehat secara bisnis dan berkualitas kontennya,” kata Adi Prasetya saat membuka pelatihan secara daring. 8 Mei 2023.

Baca Juga:  Indonesia Fact Checking Summit 2021 Akan Bahas Isu Krusial Periksa Fakta

Program Manager Internews Indonesia, Firmansyah Syamsi juga turut hadir untuk menyambut kegiatan pelatihan daring penguatan manajemen, bisnis, dan keberlanjutan media digital. Ia mengatakan, Internews dan USAID MEDIA mendukung penuh kegiatan ini. “Internews dan USAID MEDIA sangat mendukung upaya AMSI ini. Rangkaian pelatihan ini kita harapkan bisa meningkatkan pemahaman pentingnya standarisasi produksi konten dan model bisnis untuk media, terutama kawan kawan media di level provinsi maupun kabupaten dan kota. Supaya media teman-teman bisa menerapkan pola manajemen untuk keberlangsungan media dan saling berbagi pengalaman pengelolaan antarmedia,” kata Firmansyah.

Baca Juga:  Survei IPO: 36 Persen Masyarakat Lebih Percaya Televisi Dibanding Surat Kabar

Rangkaian kegiatan pelatihan daring penguatan manajemen, bisnis, dan keberlanjutan media digital ini berlangsung selama delapan hari sejak tanggal 8 hingga 17 Mei 2023 dan diikuti oleh 64 media anggota AMSI dari 25 wilayah. Topik yang disampaikan meliputi Business Environment, Brand Development, Business Management, Content Development, Distribution Development, Audience Development, Revenue Development dan Technology Development.

Baca Juga:  Volume Sampah Di TPSA Terjadi Penurunan? Ini Kata DLH Cianjur

Pelatihan hari pertama diisi dengan materi Business Environment Development oleh Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut, yang juga Chief Content Officer Kapanlagi Group. Wens mengajak agar pengelola media selalu adaptif dengan perubahan ekosistem bisnis media yang sangat didisrupsi oleh revolusi teknologi digital.