Atasi Bau Kaki Dengan Ramuan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Bau kaki memang dapat membuat seseorang tidak percaya diri. Selain itu, bau kaki pun dapat menimbulkan ketidaknyamanan orang-orang yang berada di sekitar anda.

Menurut American Chemical Society, bau kaki disebabkan oleh bakteri yang menetap di permukaan kulit dan sepatu. Bakteri tersebut memakan keringat pada kaki dan memproduksi zat asam yang menebarkan bau tak sedap.

Timbulnya masalah bau kaki terjadi karena tubuh manusia ditutupi dengan kelenjar yang mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh ketika cuaca panas. Beberapa bagian tubuh memiliki konsentrasi kelenjar keringat yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagian lainnya, dan kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang paling banyak kelenjar keringat.

Namun anda tak perlu bingung, karena berikut dibawah ini adalah beberapa ramuan rendaman yang bisa anda coba untuk atasi bau kaki, diantaranya:

Baca Juga:  Gugus Tugas Covid-19 Bekasi Tegaskan Ini Buat Sektor Usaha Parawisata

1. Baking Soda

Kandungan baking soda bisa menetralisir kadar pH keringat dan mengurangi bakteri. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan baking soda ke dalam 1 liter air untuk merendam kaki. Rendam selama kurang lebih 15-25 menit setiap malam selama satu minggu. Selain itu, anda pun bisa menaburkan sedikit baking soda ke dalam sepatu sebelum menggunakannya.

2. Minyak Lavender

Minyak lavender bersifat antioksidan dan juga antijamur, sehingga sangat efektif jika digunakan secara rutin untuk merendam kaki. Campurkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam air hangat kuku secukupnya dan rendam kaki selama 15-20 menit.

Baca Juga:  Warga Lansia Senang Hadirnya Prajurit TNI

3. Garam Epsom

Kandungan magnesium sulfat dalam garam epsom teruji mampu melawan mikroba dengan sangat baik. Caranya dengan mencampurkan 2 sendok garam epsom ke dalam air hangat, lalu aduk hingga larut dan rendam kaki di dalamnya selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas kaki anda hingga bersih. Sangat dianjurkan untuk melakukannya setiap malam sebelum tidur untuk dapatkan hasil yang terbaik.

4. Teh Hitam

Kandungan yang terdapat dalam teh hitam dapat membantu membunuh bakteri yang menghasilkan aroma tidak sedap pada kaki. Selain itu, teh hitam dapat membantu menutup pori-pori kulit, sehingga mampu mengurangi jumlah keringat bau pada area kaki. Anda hanya cukup menyeduh dua kantung teh hitam dengan air panas, lalu tuang air dingin secukupnya untuk menurunkan suhunya. Kemudian rendam kaki anda selama kurang lebih 15-20 menit dan lakukan rutin setiap hari.

Baca Juga:  Mengunjungi Wisata Bandung, Sambil Memetik strawberry Di Ciwidey

5. Cuka

Mungkin akan terdengar aneh, namun asam cuka bersifat membunuh bakteri dan menghilangkan bau. Anda tidak percaya? Rendamlah kaki ke dalam campuran cuka dengan empat gelas air hangat kurang lebih selama 10-15 menit setiap pulang kerja atau setelah melepas sepatu.

Itulah tadi beberapa raamuan yang mungkin bisa anda coba. Selain menggunakan bahan-bahan di atas, akan lebih baik lagi jika anda pun rutin menjaga kebersihan kaki. Semoga tips diatas bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari vemale.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat