Baru Diresmikan, Dinkes Jabar Sebut Anggota Tim PUSPITA Capai 4.321 Nakes

JABARNEWS | BANDUNG – Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika melaporkan, hingga 31 Januari 2021, jumlah pendaftar Tim PUSPA mencapai 4.321 tenaga kesehatan. Pendaftaran sendiri terus dibuka hingga 7 Februari.

“Program PUSPA mendorong keterpaduan antara dukungan sistem kesehatan, tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan dengan modal sosial, silih asah, asuh, asih,” kata Dewi di Bandung, Senin (1/2/2021).

Baca Juga:  Cak Imin: Desa Jadi Kekuatan Ekonomi

“Dalam implementasinya, program ini akan memperkuat puskesmas dengan penambahan 500 orang, 300 orang seleksi terbuka dan 200 orang dari internal puskesmas yang bekerja di tim interprofesi, diseleksi dan dilatih dengan komprehensif secara online,” tambahnya.

Dia menjelaskan, tim terpilih akan melakukan penguatan 3T dan 3M serta mendukung program vaksinasi Covid-19 dan mempertahankan pelayanan kesehatan esensial puskesmas di Jabar.

Baca Juga:  Unduh Dulu Aplikasi Ini Sebelum Berwisata ke Yogyakarta

“Terkait 3T, tugas Tim Puspa salah satunya meningkatkan akses tes baik rapid maupun PCR secara masif untuk kontak erat dan suspect. Pelaporan terintegrasi Pikobar,” jelasnya.

Tak hanya itu, PUSPA juga memberikan edukasi serta pemahaman kepada masyarakat mengetahui pentingnya divaksin Covid-19.

Baca Juga:  Ternyata Karena Ini Rapid Test Massal Stadion GBLA Batal

“Terkait vaksinasi, Tim PUSPA mengedukasi dan mengampanyekan penerimaan dan pemahaman pentingnya vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

Untuk diketahui, Peresmian program PUSPA di Puskesmas Cikarang hari ini ditandai dengan penyerahan kotak Alat Pelindung Diri (APD) kepada tiga orang perwakilan Tim Perintis PUSPA yang terdiri dari epidemiolog, bidan, dan sanitarian. (Red)