Berikut Cara RS Swasta di Purwakarta Ini Wujudkan Area Aman Covid-19

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebagai salahsatu dari lima rumah sakit swasta di Purwakarta yang menjadi rujukan pasien Covid-19. Siloam Hospitals Purwakarta, telah menerapkan program clean and safe hospitals sehingga terwujud area rumah sakit yang bersih dan aman bagi pasien, pengunjung, tim medis, dan semua orang yang terlibat di dalamnya.

Direktur Siloam Hospitals Purwakarta, Irwan Gandana menyebut di rumah sakitnya itu telah menyiapkan ruangan khusus untuk perawatan pasien orang dalam pemantauan, pasien dalam pengawasan, hingga pasien positif corona yang terpisah dari gedung utama rumah sakit.

“Kami punya dua ruangan untuk ruang perawatan khusus pasien Covid-19, yakni ruang anggrek kapasitas 21 tempat tidur dan ruang anyelir dengan kapasitas 6 tempat tidur,” kata Irwan, saat menggelar zoom meeting dengan awak media, Rabu (22/7/2020).

Saat pendemi global saat ini, sambung dia, Siloam Hospitals Purwakarta memiliki komitmen dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Baca Juga:  Wagub Uu Carikan Solusi Peternak Ayam di Ciamis Agar Tak Bangkrut

Irwan menambahkan, Siloam Hospitals Purwakarta telah memulai langkah-langkah antisipasi, termasuk pengembangan berbagai protokol kesehatan, penerapan clean and safe hospital, pelatihan staf, penyediaan PCR swab tes, hingga rapid tes.

“Kami wajibkan pemeriksaa skrining Covid-19 bagi semua pengunjung atau pasien, karyawan yang akan masuk rumah sakit, pemisahan alur antara pasien dengan gejala Covid dan pasien tidak dengan gejala,” jelasnya.

Irwan mengaku, pihaknya mewajibkan pemakaian masker bagi semua pengunjung dan pasien juga karyawannya gunakan alat pelindung diri sesuai dengan lokasi kerja dan tingkat risikonya.

“Kami juga sudah lakukan sterilisasi setiap area rumah sakit secara berkelanjutan dengan cairan disinfektan. Kami pastikan layanan kesehatan untuk kasus penyakit lain tetap bisa berjalan dan terlayani dengan baik,” jelasnya.

Baca Juga:  Anak Ferdy Sambo Dibully Netizen Buntut Kasus Ayahnya, KPAI: Apapun Alasannya Tidak Dibenarkan

Siloam Hospitals pun tak hanya fokus pada segi protokol kesehatan, lanjut dia, tetapi pihaknya juga menjaga keselamatan kerja semua karyawannya, salahsatunya memberikan tempat tinggal khusus di area rumah sakit, pemberian multivitamin, hingga pemeriksaan rutin rapid tes dan swab tes sekali seminggu.

Dimasa adaptasi kebiasaan baru (AKB), tambah Irwan, Siloam Purwakarta telah melakukan berbagai upaya pencegahan karena sebagai penyedia layanan kesehatan memiliki komitmen tinggi mengendalikan penyebaran Covid-19 dengan program clean & safe hospitals.

“Program ini untuk menjamin keamanan serta keselamatan pengunjung dan pasien yang berobat di Siloam Hospitals Purwakarta dari kemungkinam penularan Covid-19. Ada tujuh aktivitas yang dilakukan, di antaranya wajib pemeriksaan skrining bagi semua pasien, pengunjung, dan karyawan yang masuk rumah sakit. Lalu, mereka semua wajib cuci tangan sebelum masuk gedung rumah sakit,” paparnya.

Baca Juga:  Jabar Butuh 76 Juta Dosis Vaksin, Ridwan Kamil: Apakah Ini Bisa Terpenuhi?

Setelah itu, tahapan yang dilakukan Siloam, yakni pemisahan alur antara pasien dengan gejala Covid-19 dan tak dengan gejala.

“Di Siloam Hospitals Purwakarta ini ada ruang perawatan khusus bagi pasien kontak erat/kasus suspek/konfirmasi Covid-19 yang terpisah dari bangunan utama rumah sakit,” jelasnya.

Tak hanya itu, pemeriksaan rapid atau PCR swab test, kata Irwan, rutin dilakukan untuk tenaga medis maupun non medis, serta terakhir disinfeksi atau pembersihan area rumah sakit setiap waktu.

“Warga harus sadar dan ikuti anjuran pemerintah untuk terapkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari. Jaga selalu kebersihan dengan rajin dan cuci tangan. Pakai masker saat aktivitas di luar rumah dengan tetap berjaga jarak bersama orang lain,” pesan Irwan. (Gin)