BLBI Abyoso Berencana Buat Buku Braile, Begini Kata Kang Maman

JABARNEWS | BANDUNG – Balai Literasi Braile Indonesia (BLBI) Abiyoso Cimahi berencana membuat buku braile dan buku audio karya Maman Suherman (Kang Maman) yang berjudul “Bapakku Indonesia”.

“Kami bertujuan membuat buku ini menjadi braile dan suara dan braile yang bisa diakses melalui Audio Mobile Library (AML) yang tersedia di google. Semua produk BLBI ada disitu,” kata Kepala BLBI Abiyoso, Isep Sepriyan saat bedah buku Bapakku Indonesia di Gedung Perpustakaan BLBI Abyoso, Kota Bandung, Selasa (25/8/2020).

Baca Juga:  Sepuluh Orang Diamankan Polisi Usai Aksi Massa di DPRD Jabar Rusuh

Dia menjelaskan alasan memilih buku tersebut karena menginspiarasi dan memotivasi semua orang, khususnya kaum disabilitas sensorik netra. Oleh karena itu, akan diproduksi menjadi buku suara maupun braile.

“Buku Maman Suherman terdapat nilai-nilai seorang ayah terhadap anaknya yang bisa menginspirasi bagi kita semua. Selain itu juga Maman Suherman juga merupakan keturunan Sunda,” jelasnya.

Baca Juga:  Ratusan Warga Binaan Ikuti Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Lapas Purwakarta

Atas dasar itu, pihaknya mencoba berbuat baik bagi literasi. Karena BLBI mempunyai tugas mengelola literasi sehingga nanti dapat memberikan kesempatan yang sama, khususnya bagi penyandang disabilitas sensorik netra untuk memeroleh informasi.

Sementara itu, Penulis Buku Bapakku Indonesia, Kang Maman menyambut baik gagasan rencana BLBI Abyoso tersebut. Menurutnya, jika hal tersebut memang benar dilakukan akan menjadi buku pertama dirinya yang dialihkan ke buku braile dan suara.

Baca Juga:  Purwakarta Tengah Ajukan WBTB, Mulai Simping Kaum Hingga Peuyeum Bendul

“Ini akan menjadi braile yang pertama,” ucapnya.

Sebagai informasi, acara bedak buku tersebut juga dilakukan via aplikasi Zoom dengan jumlah peserta yang mengikuti acara tersebut berjumlah 82 peserta, 40 peserta offline dan 42 peserta online. Lalu durasinya sekitar 130 menit. (Rnu)