Bukan Untuk Diet Saja, Ini Manfaat Lain Dari Beras Merah

JABARNEWS | BANDUNG – Beras merah termasuk kedalam biji-bijian utuh yang hanya mengalami proses pengupasan kulit atau sekam. Beras merah dinilai lebih unggul dari beras putih karena proses pengolahannya lebih singkat, sehingga kandungan nutrisinya tidak banyak terbuang.

Beras merah sendiri biasanya dikenal dengan kahsiatnya yamn mujarab untuk program diet. Namun sebenarnya beras merah sendiri memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh terutama kesehata.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat beras merah bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Dinsos Salurkan Bantuan Bahan Makanan Bagi Korban Banjir di Cirebon

Petama. Mengontrol kadar gula darah – Beras putih tergolong sebagai makanan dengan indeks glikemik tinggi. Ini artinya, konsumsi nasi putih bisa cepat meningkatkan kadar gula darah. Gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol lama-kelamaan bisa menyebabkan terjadinya resistensi insulin sehingga memicu diabetes.

Sebagai gantinya, Kalian bisa mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik lebih rendah, misalnya beras merah. Dengan indeks glikemik yang rendah, beras merah dapat mengurangi risiko diabetes tipe dua.

Baca Juga:  Singgung Petani Milenial, Dedi Mulyadi Minta Pemerintah Segera Tuntaskan Kartu Tani

Kedua. Mengurangi risiko kanker – Beras merah mengandung banyak antioksidan, seperti asam fenolat dan flavonoid. Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Hal ini menjadikan beras merah bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kanker, misalnya kanker usus besar.

Untuk memaksimalkan berbagai manfaat beras merah di atas, kalian juga disarankan untuk menjalani pola hidup sehat, misalnya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur, menghentikan kebiasaan merokok, serta berolahraga secara rutin.

Baca Juga:  Angka Kekerasan Terhadap Anak Masih Tinggi

Ketiga. Kaya Antioksidan – Beras merah juga kaya akan kandungan antioksidan. Ini dapat menangkal radikal bebas dan sebagai sumber yang baik dalam zat besi atau mangan. Zat besi berguna membantu pembuatan asam lemak bagi sistem saraf.

Mangan berfungsi sebagai pembantu dalam pembentukan kolesterol sehat. Zinc juga banyak mengandung antioksidan, sehingga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa merusak sel-sel dan jaringan dalam tubuh. (Red)