HINDARI, Lima Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

Ilustrasi Lima Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan (Foto: Freepik)

2. Volume Handphone Terlalu Keras
Paparan suara yang terlalu keras dari handphone bisa berdampak buruk bagi kesehatan telinga. Pengaturan volume handphone sebaiknya tak melebihi 75 desibel atau setara dengan suara vacuum cleaner.

Sebagai perbandingan, percakapan normal umumnya mengeluarkan suara sebesar 60 desibel. Pastikan juga untuk tidak menggunakan headphone lebih dari dua jam dalam satu waktu.

Orang yang terbiasa mendengar suara keras atau bising memiliki kemungkinan lebih besar untuk kehilangan indra pendengaran di saat lanjut usia. Kehilangan indra pendengaran di usia lanjut kerap berkaitan dengan masalah berpikir dan kehilangan jaringan otak.

3. Browsing Internet Jelang Tidur
Bersantai sebelum tidur sambil mencari hiburan di perangkat elektronik memang mengasyikkan. Akan tetapi, kebiasaan ini bisa membuat pengguna gawai terpapar sinar biru sesaat sebelum tidur.

Di samping bisa mengganggu tidur, paparan sinar apa pun di malam hari diketahui bisa berkaitan dengan kanker, khususnya kanker payudara dan prostat, diabetes, obesitas, serta penyakit jantung.