Hore, CPNS Dibuka Akhir Agustus 2018

JABARNEWS | JAKARTA – Kabar gembira bagi ‘pemburu’ lowongan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Tahun ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan menyelenggarakan proses seleksi CPNS 2018. Rencananya, pembukaan tersebut akan dilakukan dalam rentang waktu akhir Juli atau awal Agustus.

Kabiro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik KemenPAN-RB Mudzakir mengatakan, pihaknya masih melakukan proses validasi untuk menetapkan formasi akhir jumlah aparatur negara yang nantinya akan ditarik.

Baca Juga:  Innalillahi, Baru Saja Terjadi Kebakaran Gudang Kapas di Cipadung Kulon Bandung

“Sekarang sedang proses validasi data pengajuan formasi yang diajukan kementerian/lembaga dan daerah melalui e-Formasi,” kata dia, Senin (15/7/2018).

Menteri PANRB Asman Abnur, kata dia, telah mengarahkan agar tahap tersebut dapat secepatnya diselesaikan. “Diharapkan itu dapat diumumkan akhir bulan ini atau awal Agustus,” ungkapnya.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Bakal Lakukan Penyekatan Arus Mudik, Berikut Titiknya

Diketahui, proses penerimaan CPNS 2018 mengusung misi memprioritaskan sejumlah posisi, Di antaranya guru atau pengajar dan tenaga kesehatan. Di samping itu, jalur prioritas juga dibuka untuk anak bangsa yang berkarir di luar negeri (Diaspora).

“Prioritas untuk diaspora, agar mereka bisa menyumbangkan keahlian dan kapasitas di bidang masing-masing bagi Tanah Air dengan status PNS,” ujar Mudzakir.

Baca Juga:  Menyoal Uang Rp54 Miliar, Putra Mendiang Soeharto Gugat Kemensetneg

Meski demikian, katanya, prosentase jumlah penerimaan tenaga prioritas tersebut masih terus dihitung berapa besarannya oleh Kementerian PANRB.

Disinggung hasil evaluasi proses penerimaan CPNS 2017, Mudzakir mengaku, KemenPAN RB hingga saat ini tidak memiliki catatan buruk atau menerima keluhan dari pihak Kementerian/Lembaga terkait sistem seleksi tersebut. (Anh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat