Ini Penyebab Penyakit Liver Yang Selalu Disepelekan

JABARNEWS | BANDUNG – Pernahkah kamu dengar tentang penyakit liver dan bahayanya? Atau pernah dengar mengenai penyebab penyakit liver? Buat kamu yang belum mengetahuinya, kamu patut untuk cari tahu mengenai penyakit Liver ini.

Penyebab penyakit liver kronis dapat berasal dari infeksi virus dan juga parasit pada tubuh. Meski begitu, penyebab penyakit liver pun cukup beragam.

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab penyakit liver yakni:

Baca Juga:  PWI Pusat Kecam Intimidasi Terhadap Wartawan Detikcom

Pertama. Obesitas – Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menjadi pemicu penyakit liver ini. Hal ini dikarenakan, penumpukan lemak yang berlebih dalam hati dapat memperlambat kinerja hati itu sendiri.

Hal ini sering disebut pula dengan non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD) atau perlemakan hati. Karena kandungan lemak yang tinggi pada tubuh dapat meningkatkan pula kandungan lemak yang terdapat pada hati.

Baca Juga:  Viral Aksi Pencurian di Rumah Ketua PPP, Modus Pelaku Mau Bertamu

Kedua. Infeksi Parasit dan Virus – Penyebab penyakit liver lainnya yang sering ditemui akan tetapi tidak banyak disadari ialah karena infeksi. Infeksi yang terjadi disebabkan oleh parasit dan virus dapat mengakibatkan peradangan serta menurunnya fungsi hati.

Penyebaran virus dalam tubuh yang menyebabkan penyakit liver ini dapat melalui darah ataupun urin, bersentuhan dengan orang yang terinfeksi serta melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi bersama dengan orang yang terinfeksi.

Baca Juga:  Kasus Kekerasan Seksual di Bandung, Menteri PPPA Minta Pemda Perkuat Pencegahan

Ketiga. Genetik – Penyebab terkena penyakit liver pun dapat diakibatkan karena keturunan genetika dari salah satu ataupun kedua orangtua kamu. Biasanya kondisi ini terjadi karena adanya gen ataupun zat-zat berlebih yang menumpuk pada hati. (Red)