Inilah Tips Agar Keluarga Tetap Aman Dari Serangan Terorisme

JABARNEWS | BANDUNG – Terorisme adalah penggunaan kekuatan dan kekerasan yang melanggar hukum terhadap orang atau properti untuk mengintimidasi atau memaksa pemerintah, penduduk sipil, atau sebagian daripadanya sebagai kelanjutan dari suatu tujuan politik atau sosial.

Serangkaian penelitian menunjukkan bahwa walaupun banyak orang sudah mengantisipasi serangan teroris di masa depan, masih kurang dari 50% yang memiliki rencana untuk menjaga keluarga tetap aman. Aksi terorisme dapat berupa ancaman terorisme, pembunuhan, penculikan, pembajakan, pemboman dan ancaman adanya bom, serangan cyber (berbasis komputer), penggunaan senjata kimia, biologi, nuklir, dan radiologi.

Ada beberapa yang umumnya menjadi target para teroris, diantaranya:

  • asilitas pemerintah militer dan sipil
  • bandara internasional
  • kota-kota besar
  • gedung-gedung tinggi dan bangunan penting lokal
  • pertemuan besar
  • sumber air dan persediaan makanan
  • pusat bisnis
  • kotak surat (bahan peledak atau agen biologis / kimia dapat dikirimkan melalui pos)

7 Tanda-Tanda Terorisme

Khawatir akan adanya serangan teroris di masa depan tidak berarti bahwa kita harus hidup dalam ketakutan setiap hari. Ada beberapa langkah yang dapat kita ambil untuk membantu mempersiapkan dan melindungi keluarga kita. Salah satu tindakan tersebut adalah dengan mengenali dengan 7 tanda-tanda terorisme yaitu:

  1. Pengawasan (Surveillance) – Waspadalah terhadap seseorang yang merekam atau melakukan kegiatan pemantauan. Jenis pengawasan ini tidak harus selalu menggunakan kamera atau video tapi bisa berupa orang yang menulis catatan, menggambar diagram, menandai peta, menggunakan teropong dll
  2. Elisitasi – Berhati-hatilah terhadap orang atau kelompok yang berusaha untuk mendapatkan informasi tentang militer atau kemampuan aparat keamanan setempat. Upaya ini tidak harus selalu melalui tatap muka tapi juga dapat dilakukan melalui surat, telepon, dll
  3. Pengujian Situasi Keamanan – Jika seseorang mencoba untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dari sistem keamanan yang ada, atau jika ia mencoba untuk merekam dan menganalisa reaksi terhadap suatu pelanggaran keamanan, hubungi aparat berwenang setempat.
  4. Usaha Mendapatkan Barang Berbahaya – Waspadalah terhadap orang-orang yang membeli atau mencuri bahan peledak, senjata, amunisi, dan perlengkapan lain yang mungkin diperlukan untuk serangan teroris.
  5. Waspada Terhadap Orang Yang Mencurigakan – Tentu saja kita selalu waspada terhadap orang-orang yang mencurigakan dalam lingkungan kita, tempat kerja, bisnis, atau di mana saja. Anda juga perlu waspada terhadap orang-orang mencurigakan yang melintasi perbatasan, menyelundup di atas kapal, atau melompat dari kapal di pelabuhan saat anda bepergian.
  6. Percobaan Aksi Dan Simulasi Kejadian – Teroris mungkin akan berlatih dahulu aksi mereka sebelum melaksanakannya. Oleh karena itu waspadalah pada orang-orang yang selalu berkeliaran tetapi tidak memiliki tujuan yang jelas. Seorang teroris juga dapat mempelajari rute atau waktu lampu lalu lintas waktu, jadi waspadalah pada jenis kegiatan ini.
  7. Penyebaran Aset – Teroris harus menyebarkan orang-orang dan peralatan mereka sebelum melakukan aksi teroris. Jika anda menduga kegiatan ini sedang terjadi, segera hubungi pihak berwenang karena ini mungkin kesempatan terakhir yang harus anda lakukan sehingga sebelum aksi teroris terjadi.

Hampir semua lembaga keamanan mendorong keluarga untuk meluangkan waktu dalam mempersiapkan serangan teroris. Ada tiga langkah untuk membantu anda melindungi orang yang anda cintai dari tindakan terorisme, diantaranya:

  1. Mengetahui aparat yang berwenang bila terjadi keadaan darurat di lingkungan kerja, sekolah, dan komunitas anda. Jika anda tidak mengetahuinya, hubungi supervisor anda, administrator sekolah, atau pemadam kebakaran setempat untuk mendapatkan informasi tersebut.
  2. Mengidentifikasi rumah sakit terdekat dan alternatifnya. Rumah sakit terdekat pada saat bencana biasanya adalah yang tersibuk.
  3. Menggunakan sumber daya online yang tersedia di internet untuk membuat rencana saat terjadi bencana dan meninjau langkah-langkah untuk melindungi diri sendiri dan orang yang anda cintai.

Serangan Teroris di Tempat Umum

Teroris biasanya menyerang tempat-tempat umum tempat banyak orang berkumpul karena mereka ingin menyebabkan kerusakan yang paling mendapatkan perhatian untuk tujuan mereka. Salah satu cara terbaik untuk menjaga keluarga anda aman dari serangan teroris yaitu dengan berbagi dan mendiskusikan tanda-tanda Terorisme diatas dengan anggota keluarga anda. Sebuah cara sederhana untuk membahas tanda-tanda terorisme dengan anak-anak adalah untuk fokus pada pendekatan “Lihat dan Dengarkan.” Hal ini dapat berupa:

  • Tas yang ditinggalkan di tempat umum.
  • Sesorang yang memeriksa situasi di tempat atau bangunan tertentu.
  • Orang yang mencoba untuk memasuki wilayah terlarang.
  • Orang yang mengenakan pakaian terlalu berlebihan pada suatu acara.

Bom Dan Bahan Peledak

Terorisme dengan menggunakan alat peledak sebagai salah satu senjata teroris yang paling umum. Menurut data sekitar 50% dari taktik ini digunakan dalam serangan teroris di Amerika Serikat dari tahun 1970-2011. Sayangnya saat ini informasi tentang cara membuat bom atau alat peledak mudah tersedia secara online. Bahan yang diperlukan untuk membuat bom pun mudah ditemukan di banyak tempat. Karena sifat bom yang portabel dan kemudahan untuk diledakkan dari jarak jauh, teroris sering mengandalkan jenis senjata ini.

Salah satu cara untuk menjaga keluarga anda aman adalah dengan mengetahui jenis pembungkus bom yang perlu dicurigai, diantaranya:

  • tidak dikenali atau dari seseorang yang anda kenal
  • tidak memiliki alamat pengirim, atau ada tapi tidak dapat diverifikasi kebenarannya
  • ditandai dengan tulisan seperti “Personal” atau “Rahasia”
  • memiliki kabel yang menonjol, aluminium foil, bau aneh, atau ada noda
  • memiliki berat yang tidak biasa untuk ukuran dan bentuk yang aneh
  • ditandai dengan bahasa yang mengancam
  • memiliki label yang tidak pantas atau tidak biasa
  • ada tulisan yang salah eja dari kata-kata umum
  • ditujukan kepada seseorang yang tidak tercantum di alamat tersebut
  • memiliki judul yang salah atau judul tanpa nama
  • tidak ditujukan kepada orang tertentu
  • memiliki alamat yang ditulis tangan atau diketik asal-asalan

Proaktiflah untuk memeriksa paket dan berbagi informasi dengan anggota keluarga anda. Mereka mungkin dapat menerima surat atau paket yang dikirim ketempat anda, sehingga sangat penting bahwa mereka tahu mana jenis paket yang mungkin tidak aman. Tentu saja jika anda atau keluarga anda melihat bungkusan yang mencurigakan, disarankan untuk  langsung menyentuhnya. Segera tinggalkan daerah itu dan hubungi pihak berwenang setempat. Selalu beritahu aparat keamanan setempat, bahkan jika anda tidak yakin apakah ada bahaya atau tidak.

Itulah tadi beberapa tips agar keluarga anda tetap aman dari serangan terorisme. Semoga tips di atas bermanfaat dan berguna bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari cctvman.co.id

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Tulip Catering Service Solusinya