Kandidat di Pilpres 2024, Survei Ini Sebut Elektabilitas Ridwan Kamil Ungguli Prabowo Subianto

Karikatur – Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Dodi/Jabarnews)

Menurut dia, walaupun berada pada peringkat pertama, Ridwan Kamil tidak unggul secara signifikan dibandingkan capres lain. Selisih dengan Prabowo Subianto antara 0,9 persen sampai 4,7 persen dalam semua simulasi pilihan. Padahal tingkat kedikenalan dan kedisukaan Ridwan Kamil sudah sangat tinggi apabila dibandingkan capres lainnya.

Baca Juga:  Puluhan Ribu ODGJ Tercatat dalam DPT Pemilu 2024, Begini Penjelasan KPU Jawa Barat

Ia mengatakan dukungan warga Jawa Barat terhadap Ridwan Kamil dengan demikian belum solid. Ridwan Kamil, kata Firman, belum mendapatkan dukungan mayoritas dari warga Jawa Barat.

Oleh karena Jawa Barat merupakan basis utama Ridwan Kamil sekaligus provinsi dengan jumlah pemilih terbesar, Ridwan Kamil perlu melakukan sosialisasi lebih masif agar dukungan warga Jawa Barat semakin besar, terutama kepada undecided voters yang jumlahnya masih cukup tinggi.

Baca Juga:  Banser Kabupaten Ciamis Minta Aparat Keamanan Jangan Hanya Formalitas

“Apabila Ridwan Kamil mendapatkan dukungan yang solid dari warga Jawa Barat, tingkat elektabilitas di level nasional dapat meningkat cukup signifikan,” kata dia.

Baca Juga:  DPMPTSP Jabar Digugat Walhi ke PTUN Soal Ini

Sampel dalam survei ini ialah sebanyak 1.200 orang dengan metode penarikan sampel melalui multistage random sampling dan margin of error rata-rata sebesar lebih kurang 2,87 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.