Kandidat di Pilpres 2024, Survei Ini Sebut Elektabilitas Ridwan Kamil Ungguli Prabowo Subianto

Karikatur - Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Dodi/Jabarnews)

JABARNEWS | BANDUNG – Hasil survei dari Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC) menyatakan elektabilitas Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil sebagai calon presiden (capres) berhasil mengungguli elektabilitas Prabowo Subianto.

“Dalam simulasi terbuka terkait kandidat calon presiden pada Pemilu 2024, diketahui hasil bahwa 9,2 persen responden memilih Ridwan Kamil, disusul oleh Prabowo Subianto di urutan kedua dengan dipilih 8,9 persen responden. Memang bedanya tipis sekali,” kata Direktur Eksekutif IPRC Firman Manan dalam pemaparan hasil survei Kontestasi Politik 2024, di Kota Bandung, Senin (31/1/2022), dilansir Antara.

Baca Juga:  Memakai Masker dengan Benar Langkah Antisipasi Covid-19

Firman mengatakan, jika dilihat dalam konteks Pilpres 2024, sosok Ridwan Kamil memang mendapatkan dukungan terbanyak dari warga Jawa Barat, tetapi belum maksimal atau signifikan.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Omicron Lagi Naik Luar Biasa, Sebagian PTM Sudah Ditunda

“Apalagi kalau kita kaitkan dengan hasil survei di sini yang menyatakan 68 persen rakyat Jawa Barat itu kan setuju capres atau cawapres dari Jawa Barat,” kata dia.

Baca Juga:  Simak, Kisah Pilu Bocah yang Berubah Jadi 'Batu'

Namun ketika dikonfirmasi kepada responden pada pertanyaan siapa sosok capres atau cawapres yang akan dipilih dan satu-satunya orang Jawa Barat itu dalam daftar pertanyaan survei hanya ada Ridwan Kamil diketahui bahwa hasilnya ternyata belum optimal.