Kemendikbud Ristek Buka Program Pendidikan Profesi Guru 2023, Siapkan Kuota hingga 59.019 Orang

Kemendikbud Ristek buka program Pendidikan Profesi Guru 2023
Kemendikbud Ristek buka program Pendidikan Profesi Guru 2023. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Kabar baik bagi para milenial yang ingin mengembangkan karir di bidang Pendidikan. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kembali membuka program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan tahun ini.

Dalam keterangannya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan, PPG prajabatan 2023 tahun ini dikhususkan bagi lulusan sarjana maupun diploma IV, baik dari kependidikan maupun nonkependidikan.

Baca Juga:  Ahmad Heryawan Jadi Kandidat Terkuat Cawapres Dampingi Anies Baswedan, Ada Nama Lain?

“Melalui transformasi program PPG Prajabatan ini, kami ingin menekankan pengalaman praktik bagi calon guru sebagai simulasi yang menggambarkan dunia pendidikan yang sesungguhnya dan yang tak kalah penting program PPG merupakan upaya menjaring calon guru potensial yang sesuai kebutuhan dan benar-benar memiliki kompetensi untuk direkrut sebagai guru,” ujar Nadiem, Sabtu (3/6).

Baca Juga:  Hasil Penelitian Ungkap Pria Jarang Cuci Tangan Dibanding Wanita

Hal serupa juga diungkap Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbudristek, Nunuk Suryani.

Menurutnya, PPG Prajabatan bertujuan mencetak generasi baru guru-guru Indonesia yang memiliki panggilan hati menjadi guru profesional, berkomitmen menjadi teladan, cinta terhadap profesi, dan pembelajar sepanjang hayat. 

Baca Juga:  Presiden Jokowi Minta Universitas Sigap Menyikapi Perkembangan Global