Keren, Ponpes Al-Ittifaq Bandung Jadi Percontohan Nasional Digitalisasi Pertanian

Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat korporatisasi pertanian digital di Pondok Pesantren Al-Ittifaq di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Selasa (22/3/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Pondok Pesantren Al-Ittifaq di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung dijadikan percontohan nasional dalam pengelolaan digitalisasi pertanian.

“Kita ingin jadikan permodelan ini pilot project bagi seluruh pesantren-pesantren di Indonesia,” kata Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meresmikan korporatisasi pertanian digital dalam mendukung rantai ekosistem halal value chain berbasis koperasi pesantren di Kabupaten Bandung, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga:  PKL di Jalan Ardio Bogor Akan Segera Direlokasi

Pilot project pengembangan ekosistem rantai nilai halal di Ponpes Al-Ittifaq ini antara lain dilakukan melalui Integrated Farming with Technology and information (Infratani), packing house, dan platform virtual market Alifmart yang merupakan upaya mendorong ketahanan pangan berbasis kemandirian ekonomi pondok pesantren.

Baca Juga:  Kasus Omicron Pelaku Perjalanan Jakarta Bogor Bisa Terlacak, Asal...

Wapres menuturkan, dalam penerapan digitalisasinya Ponpes Al-Ittifaq sudah mengadopsi teknologi di berbagai negara sehingga produknya berstandard internasional.

“Di antaranya teknologi negara Belanda dan Jepang sehingga produknya pun berstandar internasional,” tuturnya.

Baca Juga:  Waduh, Ahli Waris Lahan Gugat 4 Bangunan SD di Kabupaten Bandung, Nilai Tuntutannya Segini