KIIC Masih Sepi Investasi

JABARNEWS | KARAWANG – Tingkat investasi di kawasan industri Karawang International Industrial City (KIIC), Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dalam setahun terakhir sepi investasi.

“Sejak tahun lalu investasi yang masuk masih sepi,” kata Bambang Sugeng Assistant General Manager External Relation and Security Department PT Maligi Permata Indonesia Estate selaku pengelola kawasan industri KIIC di Karawang, Jumat, 31 Agustus 2018.

Baca Juga:  Polisi Buru KKB Papua Pembunuh 9 Warga Sipil dan Pendeta

Bambang mengatakan, sepanjang Januari hingga Desember 2017, hanya dua investor baru yang membangun perusahaan di sekitar kawasan industri KIIC. Begitu juga pada tahun ini, hingga Agustus 2018 baru dua investor baru yang berinvestasi di kawasan industri tersebut.

Bambang mengatakan, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan sepinya investasi yang masuk ke kawasan industri KIIC, di antaranya karena tumbuhnya kawasan industri baru di Karawang.

Baca Juga:  Simak! Ini Solusi Jawa Barat Tekan Angka Perceraian di Masa Pandemi

“Jadi kemungkinan karena sekarang di Karawang sudah banyak kawasan industri,” kata dia.

Bambang mengatakan pada tahun ini lahan yang masih tersedia di kawasan industri KIIC Karawang mencapai sekitar 100 hektare.

Baca Juga:  Ini Info Penting untuk ASN dari Menteri PANRB

Ia mengatakan, hingga saat ini di sekitar kawasan industri KIIC Karawang tercatat 150 tenant, didominasi perusahaan yang bergerak di industri komponen otomotif.

“Sekitar 95 persen perusahaan yang ada di kawasan industri itu ialah perusahaan asing, mayoritas investor dari Jepang,” kata Bambang. [jar]

Jabarnews | Berita Jawa Barat