Konflik Palestina-Israel, DPR RI Minta Semua Pihak Utamakan Dialog

Palestina-Israel
Ilustrasi Konflik Israel dan Palestina. (Foto: Liputan6).

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan bahwa pihaknya meminta semua pihak yang berkonflik dalam perang Palestina-Israel mulai memikirkan jalur dialog dan solusi jangka pendek maupun panjang.

Dia menyebut solusi jangka pendek misalnya dengan menghentikan segala bentuk kekerasan, baik oleh pihak Israel maupun Hamas.

Baca Juga:  Kemenkes Lakukan Penyelidikan Epidemiologi untuk Antisipasi Hepatitis Akut

“Komisi I DPR RI meminta semua pihak yang berkonflik untuk menghentikan segala bentuk provokasi dan mulai memikirkan jalur dialog, dan solusi jangka pendek serta jangka panjang,” kata Meutya di Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga:  Dede Yusuf Minta Dua Pemda di Bandung Ini Tegakkan Aturan Jalan Bagi Kendaraan Berat

“Serta dukungan seluruh negara (termasuk Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris, Iran, Lebanon) dalam mewujudkan perdamaian yang berbentuk solusi jangka panjang ‘two-state solution’, di mana terbentuknya negara Palestina merdeka yang berdasarkan hukum internasional dan parameter yang telah disepakati secara internasional,” tambahnya.

Baca Juga:  Meski Diterjang Bencana Alam, Herman Suherman Minta Warga Cianjur Perhatikan Saudara Muslim di Palestina

Menurut dia, konflik antara Israel dan Palestina saat ini tidak lepas dari akar konflik yang terjadi sejak tahun 1948 yakni direbutnya wilayah Palestina oleh Israel, ditambah dengan segala bentuk kekerasan dan diskriminasi oleh Israel terhadap rakyat Palestina selama bertahun tahun.