Liga 1 Kembali Bergulir, Respon Shin Tae-yong Bikin Fans Senyum

Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto: PSSI).

Shin Tae-yong menyebut, salah satu dampak yang paling terlihat ketika liga berhenti adalah fisik. Ini tampak saat Liga 1 Indonesia 2022-2023 dihentikan sementara sejak awal Oktober 2022 menyusul terjadinya tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan 135 orang dan melukai ratusan lainnya.

Baca Juga:  Kualifikasi Piala Asia U-23 2024: Ini Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia, Skuad Terbaik!

Liburnya liga selama lebih dari dua bulan membuat pemain-pemain yang dipanggil ke timnas Indonesia untuk persiapan Piala AFF 2022 tidak memiliki kebugaran maksimal. Kandungan lemak (fat) di tubuh pun mereka tinggi.

Baca Juga:  Pemain Timnas Indonesia yang Berkarir di Luar Negeri Belum Pasti Bertanding di Piala AFF 2022, Ini Alasannya

“Liga yang berhenti membuat fisik pemain anjlok. Jadi saya mesti membuat latihan agar ‘fat’ itu berkurang dan massa otot bertambah. Pemain menjalani latihan beban di pusat kebugaran dan lebih banyak berlari di lapangan. Hasilnya, sudah membaik sedikit demi sedikit,” tutur Shin.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Jajal Adu Penalti dengan Anies Basewdan, Pertanda Pilpres?

Pemerintah secara resmi mengizinkan berlangsungnya kembali Liga 1, 2 dan 3 musim 2022-2023 dengan syarat tanpa penonton di stadion, mulai 5 Desember 2022. (Red)