Lima Tanda-tanda Akan Terjadinya Kiamat Kubra

JABARNEWS | BANDUNG – Kiamat merupakan sebuah peristiwa yang paling ditakuti oleh semua makhluk hidup di seluruh alam semesta. Apabila kiamat terjadi maka semua alam semesta serta isinya akan hancur lebur tanpa sisa, sehingga tidak akan ada lagi kehidupan.

Sebagaimana disebutkan dalam Al-qur’an yaitu surat az-Zalzalah, bumi akan diguncangkan dengan guncangan dahsyat yang belum pernah dilihat oleh manusia. Semua isi Bumi bahkan dikeluarkan dan meluluh-lantahkan semua kehidupan manusia.

Dalam Islam kiamat dibagi menjadi dua bagian yang pertama yaitu kiamat Sugra atau kiamat kecil dan yang kedua yaitu kiamat Kubra atau kiamat besar. Dilansir dari beberapa sumber berikut tanda kiamat kubra:

Baca Juga:  Operasi Ketupa 2022, Polri Akan Dimulai Tanggal 28 April

Pertama. Turunya Nabi Isa AS – Sebagai mana disebutkan dalam Al-Qur’an lewat Surat Ali-Imran ayat 55, Nabi isa As diyakini akan kembali turun ke bumi untuk menunjukan ajaran Allah di waktu-waktu menjelang hari akhir.

Kedua. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj – Melalui Dalil Al-Qur’an dalam surat Al-Anbiyaa Allah mengatakan:

” Hingga Apabila dibuka tembok Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari Berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang kafir. (Mereka berkata)’Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang zhalim.”.

Baca Juga:  Simak! WhatsApp Bakal Launchingkan Fitur Multi Device

Ketiga. Hewan Melata – Diyakini hewan melata akan keluar dari bumi “Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” Surat An-Naml ayat 82.

Keempat. Terbit Matahari dari Barat – Rasulullah mengingatkan kiamat tidak akan terjadi sebelum tanda matahari yang akan terbit dari barat :

“Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum matahari terbit dari barat. Jika ia telah terbit dari barat dan semua umat manusia melihatnya, mereka menjadi beriman semuanya. Pada saat itu, iman seseorang tidak ada manfaatnya jika sebelumnya ia tidak beriman atau tidak mendapat dari kebaikan imannya itu.” (HR. Muslim).

Baca Juga:  PDI-P Pangandaran "Tarungkan" 40 Bacaleg

Kelima. Munculnya Kabut – Allah berfirman dalam surat al-Dukhan ayat 10-11 yang menyebut tanda ini juga menjadi bagian dari kiamat besar. “Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata. Yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih.”.

Penulis: Muhammad Amaludin