Luar Biasa, Potensi Zakat Fitrah Di Bandung Barat Capai Rp 54 Miliar

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Potensi zakat fitrah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencapai Rp 54 miliar.

“Hitungannya dari jumlah penduduk saat ini yang mencapai 1,8 juta jiwa dikalikan dengan harga Rp 30 ribu/orang sesuai dengan SK yang sudah ditetapkan,” kata Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) KBB, Hilman Farid, dikutip laman Balebandung, Rabu (30/5/2018).

Baca Juga:  Cellica Nurrachadiana Dapat Kritikan, Pembangunan Karawang Tak Seperti Purwakarta

Dia mengatakan, untuk mengotimalkan pengumpulan zakat fitrah ini, Baznas KBB sudah membentuk Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) dari tingkat RW, desa, hingga kecamatan. Itu dilakukan untuk memudahkan pengumpulan zakat dari masyarakat.

“Pengumpulan zakat dari masyarakat itu memang beda-beda. Ada yang lewat Baznas, ada juga yang disalurkan secara mandiri dari pemberi zakat kepada penerima yang berhak,” terangnya.

Baca Juga:  Nusantara Bakal Jadi Nama Ibu Kota Negara, Ini Alasannya

Ditambahkannya, potensi zakat yang mencapai angka Rp 54 miliar itu tidak sepenuhnya akan disimpan di Baznas. Melainkan hanya tersimpan sebanyak 2% dari angka tersebut.

“Artinya, uang yang disimpan di Baznas sebesar 2 persen dari Rp 54 miliar itu atau sekitar Rp 1,8 miliar. Sisanya yang 98 persen itu dibagikan ke tingkat RW, desa, hingga kecamatan untuk langsung diberikan kepada penerima,” jelasnya.

Baca Juga:  New Normal, Ini Permintaan PCNU Ciayumajakuning ke Pemprov Jabar

“Uang yang disimpan di Baznas bukan dipakai untuk keperluan operasional Baznas. Namun akan disalurkan juga pada sabilillah (pejuang di jalan Allah),” imbuhnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat