Mengenal Tumbuhan Alfalfa Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

JABARNEWS | BANDUNG – Alfalfa (Medicago sativa) adalah spesies tanaman yang dimanfaatkan sebagai makanan ternak (pakan) untuk sapi perah, kuda, sapi potong, domba, dan kambing.

Namun, belakangan ini manfaat tanaman alfalfa bagi kesehatan tubuh manusia sudah semakin dikenal. Biji dan daun tanaman ini juga cukup sering dijadikan suplemen yang biasanya tersedia dalam bentuk bubuk, tablet, atau teh.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat Tanaman alfalfa bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Waduh, Kasus Covid-19 Di Indonesia Kembali Naik

Pertama. Menurunkan kadar kolesterol – Manfaat pertama dari tanaman Alfalfa yakni menurunkan kolesterol. Senyawa bioaktif saponin tanaman alfalfa mampu mengurangi penyerapan kolesterol pada usus.

Hal ini kemudian dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Meski studi yang meneliti manfaat ini pada manusia masih terlalu sedikit, tanaman alfalfa memiliki potensi yang besar untuk menjadi terapi penurun kolesterol.

Baca Juga:  Owalah... Ternyata Ini Alasan Kanaikan Biaya Haji

Kedua. Menurunkan risiko diabetes – Mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti tanaman alfalfa, juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini karena serat memiliki kemampuan untuk memperlambat penyerapan glukosa pada usus dan mencegah kenaikan gula darah yang drastis.

Ketiga. Melawan radikal bebas berlebih – Tanaman alfalfa memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini berfungsi untuk melawan radikal bebas berlebih, yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh dan memicu timbulnya berbagai penyakit kronis.

Baca Juga:  Tiga Makanan Khas Subang Yang Sering Diburu Oleh Para Pelancong

Dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti tanaman alfalfa, Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit kronis yang disebabkan oleh penumpukan radikal bebas. Salah satunya adalah penyakit kanker. Tentunya ini juga harus diimbangi dengan pola makan sehat yang konsisten. (Red)