Perbaiki Jalan, Pemkot Cimahi Tunggu Cuaca Membaik

JABARNEWS | CIMAHI – Walikota Cimahi Ajay M Priatna berencana mempercepat perbaikan di Jalan Mahar Martanegara. Selain itu, percepatan tersebut menyesuaikan dengan kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi belakangan ini.

“Bila sudah ada prediksi dari BMKG terkait prakiraan curah hujan tidak terlalu tinggi, akan segera kita perbaiki. Mungkin bulan depan,” tuturnya saat melakukan peninjauan di Jalan Mahar Martanegara, Jumat (18/01/2019) lalu.

Pihaknya terus mencari solusi yang tepat untuk mengatasi kondisi aspal yang mengelupas koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Baca Juga:  KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Sebagai Pasangan Terpilih Capres-Cawapres pada Rabu Ini

“Kami sudah membicarakan permasalahan ini dengan Pak Wilman (Kabid Dinas Bina Marga), ikhwal tindakan sementara, supaya di tengah kondisi ketidaknyamanan ini masyarakat bisa sedikit terbantu,” akunya.

Pihaknya mengaku optimistis jalan yang rusak tersebut bisa diperbaiki secapatnya, apabila kondisi cuaca mendukung. Menurut Ajay, tujuan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi mengaspal Jalan Mahar Martanegara ini untuk kenyamanan para pengguna jalan.

Baca Juga:  Sah! BPOM Ijinkan Penggunaan Vaksin Sinovac Untuk Lansia

“Pada dasarnya aspal kan tidak tahan air, sedangkan kondisi jalan di beberapa wilayah Cimahi sudah mantap. Hanya Jalan Mahar Martanegara yang mengalami kerusakan cukup parah. Sebab dampak dari sering meluapnya Sungai Ciputri meluap,” jelasnya.

Ajay menegaskan, kualitas aspal yang digunakan sudah memenuhi spesifikasi. Sedangkan kendala kerap kali muncul ketika dalam tahap pengerjaan tiba-tiba diguyur hujan deras, sehingga mengakibatkan sungai meluap.

Baca Juga:  Dewan Pers Ingatkan Media Jangan Menempel Calon Kepala Daerah

“Kualitas aspal tidak bermasalah, dalam tahap pengerjaannya juga tidak ditemukan pelanggaran,” ungkapnya.

Dalam menanggulangi luapan air dari Sungai Ciputri, pihaknya akan melakukan pembersihan sampah dan mengeruk luapan lumpur akibat sendimentasi.

Ke depannya, pihaknya juga akan membangun embung. “Kita akan membangun embung untuk menampung air, tapi langkah awal saat ini membersihkan sampah dan lumpur yang menyebabkan Ciputri meluap,” tandasnya. (Afr)

Jabarnews | Berita Jawa Barat