Permintaan Melonjak, PT. KAI Tambah Jadwal Perjalanan

JABARNEWS | BANDUNG – Kian melonjaknya permintaan transportasi kereta api (KA) secara signifikan untuk tujuan Bandung-Jakarta maupun sebaliknya, PT. Kereta Api lndonesia  (KAI) Persero melakukan penambahan perjalanan KA Argo Parahyangan yang sudah mulai beroperasi pada hari Selasa (27/02/2018).

Maka dari itu, kapasitas penumpang pun diperbanyak sebanyak 400 tempat duduk per rangkaian (trainset), yang terdiri dari delapan kereta eksekutif, satu kereta makan (restorasi), dan satu kereta pembangkit jadwal perjalanan KA Argo Parahyangan dengan rangkaian baru tersebut yaitu sebagai berikut:

1. No KA KP / 11232 Relasi Gambir Bandung – Kiaracondong berangkat pukul 06.15 WIB dan tiba di Bandung pukul 09.54 WIB dan di Kiaracondong pukul 10.13.

Baca Juga:  Hilang Kendali, Sebuah Truk Seruduk Rumah Warga Sumedang

2. No KA KP I 11161 Relasi Kiaracondong -Bandung Gambir berangkat dari Kiaracondong pukul  12.45 WIB, Bandung pukul  13.05 WIB dan tiba di Gambir pukul 16.39 WIB.

3. No KA KP / 11234 Relasi Gambir -Bandung berangkat pukul 17.02  WIB tiba pukul  20.19 WIB.

4. No KA KP I 11 163 Relasi Bandung Gambir berangkat pukul 20.50 WIB tiba pukul 00.20 WIB.

Dengan begitu, keempat KA ini akan menambah jadwal keberangkatan KA relasi Jakarta-Bandung Pulang Pergi (PP) yang sebelumnya rata-rata 18 perjalanan sehari di weekday (Selasa-Kamis) menjadi 22 perjalanan dan 24 perjalanan PP sehari pada weekend (Jumat-Senin) menjadi 28 perjalanan.

Baca Juga:  Autopsi Jenazah Brigadir J Dilaksanakan Rabu 27 Juli 2022

“Dengan adanya penambahan jadwal ini, volume rata-rata penumpang KA Argo Parahyangan per hari naik sebesar 15,3%, dari yang semula 10.432 orang menjadi 12.032 orang,” kata Direktur Keselamatan dan Keamanan merangkap Direktur Komersial PT KAI (Persero), Apriyono Wedi Chresnanto, saat ditemui di Stasiun Utara Bandung, Kamis (01/02/2018).

Selain itu, KA Argo Parahyangan sudah berbahan dasar body stainless steel sehingga lebih tahan karat dan cat stripping yang minimalis hasil buatan anak bangsa. Di samping itu, di tiap gerbong juga telah disediakan sejumlah fasilitas mewah untuk memberikan pelayanan lebih terhadap para penumpangnya.

Baca Juga:  Soal Pendaftaran Sekolah Kedinasan, Berikut Penjelasan Kemenpan RB

Sebagai penutup, Wedi berharap dengan adanya peningkatan fasilitas tersebut dapat meningkatkan kepercayaan pengguna jasa KAI.

“Kami berharap rangkaian baru KA Argo Parahyangan ini sebagai salah satu altematif moda transportasi yang nyaman dan tepat waktu bagi masyarakat yang bepergian pada rute Jakarta-Bandung dan sebaliknya. Fasilitas pada rangkaian KA baru tersebut terus kami tingkatkan untuk memenuhi harapan pengguna jasa KAI,” harapnya. (Ted)

Jabarnews | Berita Jawa Barat