• Rabu, 8 Desember 2021

Penyiapan Ekstensifikasi di Desa Dadahup, Ditjen PPKTrans Kemendes PDTT Gelar Workshop

- Kamis, 30 September 2021 | 20:54 WIB
Workshop yang digelar Direktorat Pembangunan Kawasan Transmigrasi Ditjen PPKTrans Kemendes PDTT. (Ditjen PPKTrans Kemendes PDTT)
Workshop yang digelar Direktorat Pembangunan Kawasan Transmigrasi Ditjen PPKTrans Kemendes PDTT. (Ditjen PPKTrans Kemendes PDTT)

JABARNEWS | YOGYAKARTA – Direktorat Pembangunan Kawasan Transmigrasi Ditjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PPKTrans) Kemendes PDTT menggelar workshop persiapan kegiatan ekstensifikasi pembangunan permukiman transmigrasi.

Workshop tersebut ditujukan untuk mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) food estate di Desa Dadahup, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. 

Direktorat Pembangunan Kawasan Transmigrasi selaku penyelenggara kegiatan bekerja sama dengan Tim UGM Yogyakarta.

Kegiatan difokuskan pada monitoring dan evaluasi pembangunan kawasan transmigrasi berbasis Information Technology (IT).

Kegiatan tersebut diselenggarakan secara luring (offline) di Yogyakarta pada 28 September hingga 1 Oktober 2021.

Adapun peserta perwakilan dari masing masing UKE 2 di lingkungan Ditjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Inspektur, Bappeda, dan Dinas Nakertrans Kabupaten Kapuas.

Salah seorang pembicara dalam workshop, Isnaini Sadali, menyampaikan tentang monitoring dan evaluasi pembangunan wilayah. Monitoring terbagi menjadi 3, ex ante evaluation, on going evaluation dan ex post evaluation.

Berkaitan dengan izin pemanfaatan ruang dan RTR bisa dikelompokkan menjadi empat kejadian, yaitu izin yang diberikan tidak sesuai dengan RTRW, pemanfaatan ruang tidak sesuai dengan RTRW. 

Kedua, Izin yang diberikan sesuai dengan RTRW, namun pemanfaatan ruang tidak sesuai dengan ijin yang diberikan.

Halaman:

Editor: Yoyo W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X