Prabowo-Gibran Unggul di 10 Daerah di Jawa Barat, Tapi Kalah di Kabupaten Ini

Prabowo-Gibran
Calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Detik.com).

JABARNEWS │ BANDUNG – Sebanyak 11 kota dan kabupaten di Jawa Barat telah menyelesaikan proses pembacaan hasil rekapitulasi penghitungan suara dalam rapat pleno di tingkat Provinsi Jabar.

Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming memenangkan mayoritas wilayah, dengan meraih kemenangan di 10 kabupaten dan kota. Namun, pasangan calon nomor urut 02 itu hanya mengalami kekalahan di Kabupaten Kuningan.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini Jumat 1 Juli 2022

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, Adie Saputro, menyatakan kegembiraannya atas penyelesaian proses rekapitulasi tersebut.

“Alhamdulillah, ini hari kedua KPU Jabar melaksanakan rekapitulasi di tingkat provinsi,” ujarnya di Kantor KPU Jabar, pada Kamis (7/3) malam.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Pengunggah Foto Injak Alquran

Namun, pembacaan hasil rekapitulasi penghitungan suara ini tidak berjalan tanpa hambatan. Saksi yang hadir sempat mengungkapkan protes, terutama terkait dengan jumlah surat suara yang tidak sah.

Baca Juga:  Soal Kerawanan Pemilu 2024, Begini Strategi Bawaslu Cianjur

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Jabar, Hedi Ardia, menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan surat suara tidak sah, termasuk karena pemilih tidak mengikuti syarat pencoblosan yang sah atau ada unsur kesengajaan.