Presiden Jokowi Lantik Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

Panglima TNI
Pelantikan Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023). (Foto: Istimewa).

Selain itu, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pemberhentian dan pengangkatan Dewan Pertimbangan dan Dewan Pimpinan Pusat Legiun RI oleh Presiden Jokowi.

Agenda pelantikan tersebut disaksikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, serta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM), di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Baca Juga:  Protokol Kesehatan Haji Tahun Ini, Dilarang Sentuh Ka'bah

Sebelumnya, Rapat Paripurna ke-9 DPR RI Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 di Jakarta, Selasa (21/11/2023), menyetujui Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI, seperti yang diajukan Presiden Joko Widodo kepada DPR.

Baca Juga:  Puan Maharani: Cawapres Pendamping Jokowi Tengah Dimatangkan

Proses uji kelayakan dan kepatutan sebelumnya dilaksanakan oleh Komisi I DPR, Senin (13/11/2023), untuk mendengarkan visi dan misi dari Agus Subiyanto.

Agus dipilih sebagai calon tunggal panglima TNI untuk menggantikan Yudo Margono yang purnabakti pada 26 November 2023, tepat saat di usianya yang ke-58 tahun. Agus sebelumnya merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang dilantik pada 25 Oktober 2023. (Red)

Baca Juga:  Presiden Jokowi Tugaskan Tiga Menteri Kumpulkan WNI Korban Pelanggaran HAM, Ini Tujuannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News