Presiden Jokowi Ternyata Sudah Minta Mahfud MD Tangani Utang Jusuf Hamka, Tapi…

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamana Mahfud MD. (Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Ham (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku bahwa untuk mengurus utang pemerintah, khususnya di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), kepada Jusuf Hamka.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Mahfud MD terkait koordinasi pembayaran utang pemerintah kepada pihak swasta atau masyarakat, termasuk kasus Jusuf Hamka.

Baca Juga:  Ini Alasan Presiden Jokowi Tak Mau Campuri Urusan Politik Gibran

Mahfud MD mengatakan, perintah dari presiden tersebut disampaikan secara resmi dalam rapat internal pada 23 Mei 2022, dan kemudian diikuti dengan dikeluarkannya Keputusan Menko Polhukam Nomor 23 Tahun 2022 pada tanggal 30 Juni.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Naikan Harga BBM, Partai Demokrat Protes

“Dalam keputusan tersebut, telah dibentuk tim yang terdiri dari Kemenkeu, Kejaksaan Agung (Kejagung), dan Kepolisian untuk melakukan penelitian dan menentukan pembayaran kepada pihak-pihak yang telah diwajibkan oleh pengadilan,” kata Mahfud dikutip JabarNews.com dari Suara.com, Senin (12/6/2023).

Baca Juga:  Mendagri Buka Suara Soal Pemecatan Pj Wali Kota Cimahi

Mahfud MD menyebut bahwa hasil laporan tersebut juga telah disampaikan kepada Jokowi sebagai kepala pemerintahan. Presiden Jokowi memerintahkan agar utang tersebut segera dibayarkan dalam rapat kabinet pada 13 Januari yang lalu.