Recep Tayyip Erdogan Kembali Jadi Presiden Turki Setelah Menangkan Pilpres Putaran Kedua

Recep Tayyip Erdogan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara di istana kepresidenan setelah memenangkan pemilihan kembali dalam putaran kedua. (Foto: Getty Images).

Pada 14 Mei, Aliansi Rakyat Erdogan memenangkan suara mayoritas di parlemen.

Sementara dalam pemilihan presiden menuju ke putaran kedua karena tidak ada calon yang memenangkan mayoritas sederhana, atau lebih dari 50 persen, namun Erdogan memimpin dengan meraih 49,52 persen suara.

Baca Juga:  Ini yang Dilakukan BLBI Abiyoso kepada Penyandang Disabilitas Terdampak Covid-19

Dalam pemilihan putaran kedua, Erdogan akan bersaing dengan Kemal Kilicdaroglu, pemimpin oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP) dan calon dari enam partai oposisi Aliansi Bangsa.

“Kami akan menang sedemikian rupa sehingga seluruh Turki dengan 85 juta penduduknya akan menang. Bangsa kami dengan semua warnanya akan menang, dan demokrasi kami, yang kita bayar mahal, akan menang. Terlepas dari partai politik yang mereka dukung, semua pemilih yang menunjukkan kemauan mereka melalui cara-cara yang sah akan menang,” kata Erdogan.

Baca Juga:  Jokowi Doakan Presiden Turki Erdogan yang Positif Covid-19

Erdogan mengatakan ia yakin bahwa orang-orang yang memilih partai oposisi pada 14 Mei seperti CHP, Democracy and Progress Party (DEVA), Peoples’ Democratic Party (HDP) dan Good Party (IYI Party) akan berpindah ke Aliansi Rakyat pada Minggu.

Baca Juga:  Alhamdulillah.. Ponpes di Sukabumi Sudah Mulai Dibuka