Saling Bantu Perangi Corona, Presiden Jokowi Apresiasi Masyarakat Cimahi

JABARNEWS | CIMAHI – Di tengah mewabahnya virus Corona (Covid-19) di berbagai penjuru Indonesia, berbagai upaya harus terus dilakukan oleh setiap warga masyarakat. Usaha lahir dan batin sesuai kebijakan pemerintah dan arahan para alim ulama penting untuk dilakukan.

Kebijakan ini di satu sisi merupakan usaha untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Namun di sisi lain kebutuhan hidup bagi masyarakat yang tidak memungkinkan bekerja dari rumah harus mendapatkan perhatian.

Seperti halnya masyarakat Kota Cimahi, Jawa Barat yang saling membantu di tengah pandemi COVID-19 mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo.

Baca Juga:  Sempat Ditutup, Galian Tanah Merah Di Sukatani Purwakarta Kembali Beroperasi

“Saya senang sekali kemarin melihat misalnya di Cimahi, kerukunan antartetangga sangat baik,” kata Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas terkait Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19 melalui video conference dari Istana Merdeka Jakarta, Senin (13/4/2020)

Kepala Negara mencontohkan masyarakat Cimahi yang bergotong rotong di saat ada salah satu warga yang positif terinfeksi COVID-19 tidak dikucilkan melainkan justru tetangganya membantu pasokan makanan anggota keluarganya.

“Kerukunan antar tetangga sangat baik jadi yang positif diisolasi tetapi tetangganya membantu hal-hal seperti ini, kegotongroyongan seperti ini yang harus kita terus kita gaungkan sehingga benar-benar kalau ada isolasi mandiri, kalau ada pasien positif yang ada di sebuah kampung betul-betul bukan malah dikucilkan tapi kanan kirinya bisa tolong-menolong,” kata Presiden.

Baca Juga:  Hampir Serupa, Beginilah Penanganan Covid-19 di Kota Bandung Dengan Melbourne

Ia menekankan pentingnya untuk menumbuhkan kesadaran saling tolong-menolong dan bergotong royong dari level terbawah. Tak lupa Jokowi mengingatkan agar masyarakat selalu bergotong royong dan berpartisipasi saling membantu.

Presiden juga menyampaikan mengenai pemakaian masker di kalangan masyarakat. Selain kemudian menjaga jarak agar menjadi perhatian bagi para kepala daerah untuk terus diingatkan kepada masyarakatnya.

Baca Juga:  Pengurus Pusat PWI Kunjungi Mabes Polri, Ini yang Dibahas

“Isolasi parsial saya kira penting sekali terus disampaikan sehingga mereka tahu betul yang namanya jaga jarak itu apa, isolasi parsial itu apa, dan ini akan bisa mencegah tersebarnya corona ini lebih meluas,” kata Presiden.

Sehingga Presiden Jokowi menegaskan dan berharap semua elemen masyarakat mematuhi kebijakan pemerintah dan tidak bertindak semaunya sendiri agar wabah Corona bisa dilewati dengan baik. (Red)