Semua Ormas Islam Kompak Tolak Timnas Israel U-20, MUI Ungkap Ada Empat Alasan

Trophy Piala Dunia U20
Trophy Piala Dunia U-20. (foto: istimewa)

Alasan pertama berkaitan dengan amanah konstitusi yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 yang menyebutkan bahwa segala bentuk penjajahan di muka bumi harus dihilangkan. Bahkan, amanah konstitusi ini juga menjadi dasar utama penolakan timnas Israel tersebut oleh semua ormas Islam.

Baca Juga:  Sebanyak 63 Ormas Islam Deklarasikan Kesepakatan Persaudaraan, Ini Isi Poinnya

“Zionis Israel adalah penjahat dan penjajah,” tegas Sudarnoto.

Kemudian alasan kedua berkaitan dengan hubungan diplomatik. Sudarnoto berpendapat, hingga saat ini Indonesia tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel. Bahkan pemerintah menyatakan tidak akan pernah membuka hubungan diplomatik sepanjang Palestina masih dijajah.

Baca Juga:  Sinergitas Kementan -TNI Wujudkan Ketahanan Pangan Untuk Pertahanan Negara

Selanjutnya, alasan ketiga penolakan kedatangan ormas Islam berkaitan dengan solidaritas. Diketahui, ormas Islam dan MUI tetap memperkuat solidaritas kepada rakyat dan bangsa Palestina yang selama ini menjadi korban dari agresi, aneksasi, genosida dan politik apartheid Israel.

Baca Juga:  Soal Perombakan Kabinet Indonesia Maju, Presiden Jokowi Bilang Tunggu

Selanjutnya alasan keempat, persatuan dan kesatuan bangsa harus dirawat, diperkuat dan dilindungi dari ancaman disintegrasi yang diakibatkan oleh kontroversi dan pro-kontra yang dibiarkan seputar timnas Israel. (red)