Simak Lagi! Ragam Aturan Baru KRL Jelang New Normal

JABARNEWS | DEPOK – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah menyiapkan beberapa kebijakan baru didalam menyambut skenario kenormalan baru, atau new normal di tengah pandemi Covid-19. Adapun kebijakan baru yang berlaku dan wajib dilaksanakan bagi petugas frontliner maupun pengguna KRL itu sendiri untuk melengkapi protokol kesehatan yang telah berjalan selama ini.

VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba mengatakan, untuk semakin memungkinkan kondisi jaga jarak ini, pada waktu tertentu saat padat pengguna akan ada penyekatan di sejumlah titik stasiun, sehingga jumlah orang yang berada di peron dan di dalam kereta dapat terkendali.

Baca Juga:  Joko Widodo Resmi Bubarkan 18 Tim Kerja, Badan, dan Komite, Ini Daftarnya

Protokol yang sudah diterapkan di antaranya, wajib menggunakan masker selama di area stasiun dan di dalam KRL, pemeriksaan suhu tubuh penumpang, dan penerapan physical distancing atau jaga jarak sesuai marka di area stasiun.

“Bila diperlukan, petugas juga melakukan buka tutup pintu masuk stasiun,” ungkap Anne.

Anne mengaku, sebelum pandemi corona seluruh kereta dan stasiun rutin dibersihkan. Baik saat beroperasi melayani penumpang, maupun selepas jam operasional. Pembersihan dilengkapi cairan disinfektan dan penyemprotan rutin di stasiun maupun sarana KRL.

“Permukaan yang rutin disentuh penumpang di stasiun seperti vending machine, gate tiket elektronik, tempat duduk, hingga pegangan tangga dibersihkan sekurang-kurangnya sembilan kali dalam satu hari,” kata Anne.

Baca Juga:  Viral Raih Miliaran Rupiah dari NFT, Ghozali Dicolek Buat Bayar Pajak

Pembahasan kebijakan-kebijakan baru lainnya masih berlanjut secara intensif oleh pihak-pihak terkait, merujuk pada berbagai pedoman normal baru yang telah dikeluarkan pemerintah.

Memasuki era new normal, tentu akan semakin banyak masyarakat yang kembali beraktivitas. Namun jika memungkinkan sebaiknya tetap bekerja dari rumah. Untuk meminimalisir resiko, hanya keluar rumah dan gunakan transportasi publik untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak.

”Kemudian untuk menghindari antrean, hindari naik KRL di jam-jam sibuk karena akan tetap ada pembatasan jumlah pengguna untuk menjaga physical distancing,” tukas Anne.

Baca Juga:  Inilah Sejumlah Daerah yang Sudah Ajukan PSBB

Saat ini PT KCI juga sudah menyediakan fasilitas wastafel tambahan selain yang telah ada di toilet, agar dapat dimanfaatkan pengguna KRL untuk mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakan KRL. Selain itu fasilitas hand sanitizer di stasiun maupun yang dibawa oleh petugas pengawalan di dalam kereta juga tersedia.

Berdasarkan imbauan kepada seluruh pengguna untuk tidak berbicara secara langsung maupun melalui telepon seluler. Karena salah satu penularan Covid-19 melalui droplet atau cairan yang keluar dari saluran mulut dan hidung saat batuk, bersin, maupun berbicara. (Red)