Tanam Pohon Di Hulu Cipunagara Subang, Bupati Bilang Begini

JABARNEWS | SUBANG – Bupati Subang, H Ruhimat, berkunjung ke objek wiasata alam Curug Ciangin yang merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cipunagara di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

Kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Subang di objek wisata itu, untuk mengadiri acara sarasehan dan penanaman bersama di wilayah sekitar area wisata Curug Ciangin, terletak sekitar 2 km dari pemukiman warga.

Pantauan di lokasi, Kamis (3/2/2019) siang, kedatangan orang nomor satu di Subang itu dihadiri para kepala OPD, Kasdim 0605/Subang, Camat Ciater Ahmad Hidahat, para Kepala Desa wilayah selatan Subang, dan undangan lainnya.

Baca Juga:  Perahu Terbalik di Pangandaran

Setiba di lokasi tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Subang Ruhimat dan Agus Masykur, didampingi istrinya menanam pohon jenis manggis dan menyiramnya.

Menurut Ruhimat, Kabupaten Subang bukan hanya daerah pesisir, kabupaten yang berjuluk Kota Nanas ini mayoritas wilayah banyak terdapat DAS.

Baca Juga:  Penjelasan Quraish Shihab Soal Lebih Dulu Nabi Adam Atau Manusia Purba

Diketahui, mayoritas DAS terdapat di wilayah ini langsung terinterkoneksi dengan laut. Sehingga ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, air langsung dengan cepat turun ke laut.

“Sore ini saya ingin melihat gerakan dalam rehabilitasi wilayah daerah aliran Sungai Cipunagara,” kata Ruhimat kepada Jabarnews, Kamis (3/1/2019).

Ia menjelaskan, proses reboisasi hulu Cipunagara tidak hanya kali ini saja. Gerakan ini bukan sekadar seremonial belaka, dan akan terus digalakan.

Baca Juga:  Jauh Dan Antri Naik Perahu, Sekolah Ini Sepi Peminat

“Kami berharap kegiatan ini bukan hanya seremonial. Tanam pohon ini harus menjadi budaya di Subang,” ujarnya.

Kata Ruhimat, proses reboisasi bukan hanya dilakukan di kawasan hulu Cipunagara.

“Semua terintegrasi dari mulai rehabilitasi, limbah dan polusi dan di bawahnya lagi,” ucapnya. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat