Tiga Faktor Yang Mempengaruhi Tinggi Badan Seseorang

JABARNEWS | BANDUNG – Kebanyakan orang ingin memiliki tubuh yang ideal dan proporsional, termasuk tinggi badan yang semampai.

Namun, tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor. Apa saja faktor yang mempengaruhi tinggi badan?

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi badan yakni:

Pertama. Faktor Genetik – Genetik yang mempengaruhi tinggi badan seseorang dinamakan HMGA2. Perubahan sebuah huruf dasar di kode genetik HMGA2 yakni sebuah C (Cytosine) akan mempengaruhi tinggi badan seseorang.

Baca Juga:  Soal Kasepuhan Cirebon Akan Diambil Alih, Ini Sikap Sultan Arief Natadiningrat

Seseorang yang hanya mendapatkan C dari salah satu orangtuanya akan lebih tinggi setengah sentimeter dari yang hanya memiliki T (Thymin).

Kedua. Faktor Aktivitas – Aktivitas yang berhubungan dengan penambahan tinggi badan adalah olahraga. Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, misalnya atletik, atau olahraga yang sejenis.

Baca Juga:  Penghentian Kasus Dugaan Suap Rektor UNJ Dikritik ICW

Dengan melakukan olahraga ini, tulang akan dirangsang untuk tumbuh lebih panjang karena hentakan berat badan. hal ini tentu berpengaruh pada tinggi badan.

Baca Juga:  Keren.. Polisi Ini Berhasil Bikin Penangkaran Burung Murai Batu

Ketiga. Faktor Nutrisi – Jaga kecukupan nutrisi dengan mengonsumsi protein, kalsium, dan berolahraga secara teratur. Proses pemadatan tulang terhenti saat seseorang berusia 35 tahun.

Untuk menunjang pertumbuhan tulang yang baik, dibutuhkan vitamin D, kalsium, dan fosfor. Cukupi juga kebutuhan protein hewani dan protein nabati. (Red)