Tiga Manfaat Akar Alang-alang Bagi Kesehatan, Diantaranya Obati Darah Tinggi

JABARNEWS | BANDUNG – Jika Anda belum mengetahui manfaat akar alang-alang untuk kesehatan, hal ini bisa dimaklumi, sebab jenis tumbuhan alang-alang yang bisa tumbuh dengan liar di mana saja, sering dianggap sebagai tumbuhan atau tanaman pengganggu.

Ya, tumbuhan ini mampu menyebar dengan cepat dengan akar yang menjalar ke mana saja. Selain itu, alang-alang juga dapat mengganggu ekosistem yang tumbuh di sekelilingnya.

Oleh Sebab itu berikut beberapa manfaat akar alang-alang bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Bank Indonesia dan Polri Musnahkan 50.087 Lembar Upal

Pertama. Obat Panas Dalam – Manfaat akar alang-alang untuk kesehatan yang pertama dan paling terkenal adalah sebagai obat alami untuk mengatasi panas dalam. Tak heran bila kemudian banyak produk minuman penghilang panas dalam menyertakan akar alang-alang sebagai salah satu komposisinya.

Dengan begitu sekarang bagi kamu yang sedang panas dalam tidak akan kerepotan lagi jika ingin memperoleh manfaat dari akar alang-alang karena sudah dapat dikonsumsi dengan lebih mudah dan praktis.

Baca Juga:  Patroli Sahur, Polisi di Purwakarta Bagi-bagi Nasi Kotak Kepada Warga

Kedua. Bantu Obati Asma – Manfaat akar alang-alang berikutnya adalah dapat membantu mengobati penyakit asma. Cara membuat ramuan tradisional ini adalah dengan menyiapkan 100 gram akar alang-alang, 50 gram sirih, dan 50 gram kencur.

Rebus ketiga bahan ini hingga mendidih dengan 200 ml air. Setelah mendidih, ramuan disaring dan diminum secara rutin agar asma dapat berhenti. Namun perlu juga diketahui berbagai pantangan kegiatan dan makanan bagi penderita asma untuk mencegahnya agar tidak sering kambuh.

Baca Juga:  HUT Kota Bandung Ke-210, Oded Harapkan Jadi Momen Pemersatu Warga

Ketiga. Obat Darah Tinggi – Selain bisa dijadikan sebagai obat asma, manfaat akar alang-alang lainnya juga bisa dijadikan sebagai obat darah tinggi atau hipertensi.

Hal ini tak lain berkaitan dengan zat aktif yang terdapat pada akar alang-alang yang dalam hal ini bisa digunakan untuk mengatasi kolesterol dan lemak yang menyebabkan hipertensi. Dengan mengkonsumsi air rebusan akar alang-alang secara rutin, dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. (Red)