Vaksin Kumplit Jadi Syarat PPLN Bebas Karantina

Pelaksanaan Vaksinasi Polres Purwakarta di PT Win Textile. (Foto: Dokumen Humas Polres Purwakarta).

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah meresmikan vaksinasi jadi syarat terbebasnya karantina untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) memasuki Indonesia.

Ketua Satgas COVID-19 Suharyanto menyebutkan, bagi PPLN yang telah divaksin dosis kedua atau ketiga seminimalnya 14 hari sebelum keberangkatan, dan mendapatkan hasil negatif RT-PCR, maka diperkenankan
melanjutkan perjalanan.

Dalam SE terbaru ini memuat PPLN baik itu WNI atau WNA yang datang ke Indonesia wajib melakukan tes RT-PCR di pintu masuk. Bagi yang mendapat hasil negatif, bisa melanjutkan perjalanan, sementara jika positif harus melakukan karantina.

Saat harus menunggu hasil RT-PCR dari pemeriksaan ulang RT-PCR saat di pintu masuk, PPLN dapat menunggu hasilnya di hotel, tempat akomodasi penginapan, atau tempat tinggal.

Selama menunggu hasil keluar, PPLN tidak diperkenankan meninggalkan tempatnya atau berinteraksi dengan orang lain sebelum dinyatakan negatif berdasarkan RT-PCR. Bagi yang hasilnya negatif, maka diperkenankan melanjutkan perjalanan dan dianjurkan memantau kesehatan secara mandiri dalam 14 hari berikutnya.