Waspada! Ada Kopi Kemasan Mengandung Parasetamol dan Obat Kuat

Kopi Jabar Mendunia. (Foto: 3copas).

“Penggunaan Parasetamol dan Sildenafil secara tidak tepat dapat mengakibatkan efek samping mulai dari ringan, berat bahkan sampai menimbulkan kematian,” katanya.

Penny menjelaskan, Parasetamol dapat menimbulkan efek samping mual, alergi, tekanan darah rendah, kelainan darah dan jika digunakan secara terus-menerus dapat menimbulkan efek yang lebih fatal seperti kerusakan pada hati dan ginjal.

Baca Juga:  Anak-Anak Rusak Makam di Surakarta, Gibran: Proses Sesuai Hukum

Sedangkan Sildenafil dapat menimbulkan efek samping mulai dari yang ringan seperti mual, diare, kemerahan pada kulit, hingga reaksi yang lebih serius seperti kejang, denyut jantung tidak teratur, pandangan kabur atau buta mendadak, bahkan dapat menimbulkan kematian.

Baca Juga:  Dua Negara Putuskan Tarik Produk Mie Sedaap dari Pasaran, Ini Penyebabnya

Penny menambahkan, dalam operasi tersebut, terdapat dua tersangka terkait pemalsuan izin edar BPOM dan fasilitas produksi ilegal.

“Pasal yang diberlakukan adalah pasal 196, 197 Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dengan pidana penjara 15 tahun paling banyak dan denda paling banyak satu setengah miliar serta Undang-Undang tentang Pangan,” pungkasnya. (Red).

Baca Juga:  AHY dan Ibas Hadiri Open House Presiden Joko Widodo