Waspada Jika Pundak Sering Terasa Sakit, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Sakit pundak merupakan salah satu keluhan yang cukup umum terjadi. Sebagian besar penyebab sakit pundak tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan perawatan sederhana di rumah. 

Namun, jika tidak kunjung membaik, sakit pundak bisa jadi disebabkan oleh kondisi serius yang memerlukan penanganan medis lebih lanjut.

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab sakit pundak sebelah kanan yakni:

Pertama. Cedera atau robek pada otot – Di sekeliling pundak terdapat kumpulan otot dan tendon yang disebut rotator cuff. Otot dan tendon pada bahu ini bertugas untuk menjaga posisi sendi bahu dan memungkinkan pergerakan lengan ke atas dan melingkar.

Baca Juga:  Sultan Kasepuhan Cirebon Imbau Keluarga Keraton Tidak Golput

Namun, otot dan tendon rotator cuff bisa cedera atau bahkan robek saat Anda terjatuh, meregangkan tangan ke atas secara berlebihan, atau terlalu sering melakukan gerakan berulang pada bahu. Selain itu, otot dan tendon rotator cuff juga bisa mengalami masalah akibat proses penuaan.

Baca Juga:  Tragis! Balita Tewas Saat Sejumlah Kios di Rancaekek Terbakar

Kedua. Bursitis – Terlalu sering menggerakkan pundak secara berlebihan bisa menyebabkan peradangan pada bursa (bursitis). 

Bursa adalah kantung berisi cairan yang terletak di sekeliling persendian dan berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antara otot dan tulang, termasuk sendi bahu.

Baca Juga:  Simak.. Berikut ini Merupakan Cara Mudah Hindari Setres

Ketiga. Dislokasi bahu – Dislokasi bahu terjadi ketika tulang lengan atas terlepas dari tulang belikat. Pergeseran tulang ini dapat terjadi akibat cedera, misalnya terjatuh atau benturan kuat pada bahu. 

Dislokasi bahu dapat menyebabkan sakit pundak yang parah, bengkak dan memar pada pundak, serta sendi pundak yang tergeser. Kondisi ini juga sering kali menyebabkan lengan atau pundak tidak dapat digerakkan. (Red)