Bisnis Ternak Lele, Mudah Dan Menguntungkan

JABARNEWS | MAJALENGKA – Bisnis ternak lele di wilayah dataran tinggi Majalengka cukup menguntungkan. Kondisi cuaca yang tidak terlalu panas, membuat ikan lele tumbuh baik dan tidak banyak yang mati. Syaratnya cukup mudah, harus ada lahan depan atau belakang rumah untuk dijadikan kolam ikan.

Salah seorang peternak di wilayah Talaga-Majalengka, Asep, mengatakan, bisnis ternak lele mempunyai beberapa keuntungan. Salah satunya yakni keuntungan materi yang didapat setelah panen. Keuntungan lainnya adalah dapat menghilangkan stres, karena setiap hari dirinya punya kesibukan untuk merawat ikan-ikan yang dipeliharanya di depan rumah.

Baca Juga:  Dipercaya Dapat Meningkatkan Kesuburan, Berikut Manfaat Mandi Pagi

“Selain untung, tentu saja ada kenikmatan tersendiri. Kalau di sini di Talaga, cuaca tidak terlalu panas, cenderung dingin, jadi ikan-kan lele yang diternak aman dan sehat, asalkan kita rawat dengan taletan.” ungkapnya, Sabtu (21/7/2018).

Baca Juga:  Bantah Ketua AKAR Coba Bunuh Diri, Paguyuban Ormas Jabar: Itu Aksi Protes

‎Asep menambahkan, ia sebetulnya kurang setuju dengan proses perawatan ikan lele yang menggunakan kolam terpal. Seolah-olah kolam buatan. Kolam yang menggunakan terpal punya banyak kekurangan. Yakni akan membuat airnya cepat panas serta rentan membuat ikan lele yang ditanam di kolam tersebut mabok dan akhirnya mati.

Baca Juga:  Begini Cara Membuat Hasil Foto Potrait Di HP Terlihat Lebih Maksimal

“Akan lebih mudah manakala kolamnya itu dasarnya tanah, atau diberi alas leutak. Syukur-syukur kalau permanen, ditembok. Kebetulan di wilayah pegunungan, kolam-kolam depan atau samping dan belakang rumah itu sudah biasa ada. Jadi cocok sekali kalau beternak lele,” ujarnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat