Bus RoyalTrans Diskon 50 % Di Tol Bekasi

JABARNEWS | BEKASI – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada Kementerian Perhubungan telah mengatur ganjil genap di ruas tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Ganjil genap berlaku di Gerbang Tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat pada awal April setelah masa uji coba sejak 12 Maret 2018, lalu.

BPTJ juga telah mempersiapkan transportasi massal kepada warga yang menuju DKI Jakarta pukul 06.00-09.00 WIB. Tarif yang semula ditekan sebesar Rp. 20 Ribu diturunkan menjadi Rp.10 Ribu per orang.

Upaya itu dilakukan agar masyarakat beralih ke transportasi massal. Transportasi massal yang mengangkut warga Bekasi terdiri dari Trans Jabodebatek dan Trans Jakarta RoyalTrans.

Direktur Utama PT TransJakarta Budi Kaliwono menyebut penurunan tarif untuk bus premium TransJakarta RoyalTrans dari hanya berlaku sementara selama masa uji coba. “Kami dapat info itu harga uji coba. Bukan tarif permanen,” kata Budi dikutip dari gobekasi, Kamis (19/4/2018).

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Mediasi Kesalahpahaman Soal Rumah Yang Terisolir di Ciseureuh Purwakarta

Namun, Budi mengaku tak mengetahui secara pasti batas waktu penururan tarif tersebut akan berlaku. Pasalnya, hal itu merupakan kewenangan dari BPTJ.

“Ada Surat Keputusan (SK)-nya bisa tanya BPTJ.  Kami sebagai operator Trans Jakarta yang terlibat dalam layanan ini ya kita support,” tuturnya.

Budi pun membenarkan jika penurunan tarif tersebut memang bertujuan untuk memancing masyarakat agar semakin tertarik menggunakan fasilitas bus yang telah disediakan.

“Menjadi suatu daya tarik dan berharap setelah mereka coba jadi mereka tahu layanan ini serius ya. Sehingga makin banyak yang beralih ke transportasi massal,” tuturnya

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sampaikan Tiga Pokok Raperda APBD Perubahan 2021, Ini Poinnya

Penurunan tarif tersebut diakui ada dampaknya pada peningkatan jumlah penumpang. Kendati demikian, Budi menyebut kenaikan jumlah penumpang tersebut tidak hanya dikarekanan faktor penurunan tarif semata.

“Atau karena sosialisasi lebih baik jadi satu kan. Tapi tarif pasti ada pengaruh kalah sosialisasi lebih baik juga,” ujar Budi.

Bus Royaltrans yang melalui Tol Bekasi Barat memiliki dua titik keberangkatan, yakni Summarecon Mall Bekasi dan Mega City Bekasi. Bus ini melakukan perjalanan dengan tujuan ke Plaza Senayan, Kuningan, Podomoro City, dan Blok M dengan waktu keberangkatan bus pertama pukul 05.20 WIB dan bus terakhir pukul 09.10 WIB.

Sedangkan bus Royaltrans dari Bekasi Barat menuju Thamrin City memiliki dua titik keberangkatan, yakni Taman Galaxi dan Mega City Bekasi. Bus pertama berangkat pukul 05.10 WIB, dan bus terakhir pukul 05.50 WIB.

Baca Juga:  Sikap Denny Indrayana Pada Sidang Putusan MK Mengundang Komentar Netizen

Sementara bus Royaltrans yang melalui Tol Bekasi Timur memulai keberangkatan di Bekasi Trade Centre (BTC) dan LRT City (Grand Dhika) dengan tujuan Grand Paragon GM, Tebet, Mall Sunter, dan Kalideres. Bus pertama berangkat pukul 05.30 WIB, sedangkan bus terakhir pukul 09.00 WIB.

Adapun bus Royaltrans via Tol Bekasi Timur yang menuju Thamrin berangkat pukul 05.30 WIB. Para penumpang dapat menunggu bus ini di BTC atau di LRT City sebagai titik awal keberangkatan. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat