Galeri Budaya Karawang Didanai Rp 6 Miliar

JABARNEWS | KAB. KARAWANG – Sebuah galeri kebudayaan tengah dibangun di Kabupaten Karawang. Bangunan yang berlokasi di Jalan Siliwangi ini menelan anggaran hingga Rp 6 Miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri sebut proses pembangunan galeri kebudayaan sudah masuk dalam tahap pembuatan Desain Engenering Desain (DED). “Galeri kebudayaan ini dibangun dari dana APBD 2018 dan ditargetkan resmi dibuka Oktober 2018,” ujarnya dikutip dari Pasundanekspres pada Kamis (19/4/2018).

Baca Juga:  Tiga Game Memasak Offline Yang Ramah Anak, Kalian Pernah Main? 

Galeri budaya berdiri di atas lahan seluas 8.000 meter persegi. Awalnya bangunan ini dipergunakan sebagai rumah dinas Bupati Karawang. Galeri kebudayaan dibangun untuk meningkatkan potensi pajak hotel dan restoran di Kabupaten Karawang.

“Nama resminya belum ada. Sementara itu masih kita sebut Rumah Dinas Bupati (RDB). Konsepnya seperti di Saung Udjo Bandung, yaitu tempat pagelaran seni, budaya dan kuliner,” jelasnya.

Baca Juga:  Prabowo Disambut Megawati di Teuku Umar

Bangunan yang sudah ada sebelumnya di RDB akan dipertahankan. Fasilitas baru seperti akses jalan masuk pun akan diperbaharui.

“Potensi pendapatan asli daerah dari sektor pajak hotel dan restoran di Karawang cukup tinggi. Galeri kebudayaan ini dibangun untuk mengali potensi tersebut sehingga pendapatan daerah meningkat,” katanya.

Baca Juga:  Wow, Anggota DPR Dapat Rp.500 Juta Dari 2 Proyek Di Sumedang

Galeri kebudayaan itu pun dipersiapkan sebagai tempat penyambutan tamu undangan dari berbagai kabupaten dan kota dalam pentas Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (Porpemda) se Jawa Barat. “Karawang di tunjuk sebagai tuan rumah, dan nantinya tamu undangan akan dijamu di Galeri Budaya ini,” kata Acep. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat